Daun Afrika Bantu Normalkan Gula Darah

MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman Afrika sering disebut juga daun insulin bermanfaat bagi kesehatan.

USAHA atau ikhtiar meraih hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang sederhana serta alami, yakni dengan memanfaatkan bagian dari suatu tanaman berkhasiat. Ketika dilakukan secara rutin dan disiplin, tak kalah penting lagi dengan izin Yang Maha Kuasa diharapkan aneka keluhan kesehatan bisa lekas teratasi.

Geol Sugiyanta yang tinggal di Sleman mengungkapkan, daun Afrika sering disebut juga daun insulin diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan. Antara lain bisa untuk membantu menormalkan gula darah, musuh kolesterol jahat dan pusing-pusing. Bagian tanaman yang digunakan terutama daun-daunnya yang tak terlalu tua dan tak terlalu muda.

“Jenis tanaman ini termasuk yang mudah dibudidayakan, misalnya cukup dengan setek batang. Jika berada di tanah subur, akan bagus pertumbuhannya dan daun-daunnya bisa banyak,” urainya.

MERAPI-SULISTYANTO
Geol Sugiyanta.

Beberapa resep sederhana memanfaatkan daun Afrika untuk membantu menormalkan kadar gula darah, misalnya  cukup dengan merebus lima lembar daun masih segar dengan air bersih dua gelas sampai airnya tersisa separoh. Air ini lalu diminum dua kali sehari, masing-masing satu setengah gelas. Ketika kadar gula darah sudah normal, mengkonsumsi ramuan tersebut dapat dihentikan. Bisa juga dengan menerapkan resep sederhana, yakni daun-daun dirajang dan dikeringkan. Jika sudah kering, pemanfaatannya tak jauh beda dengan membuat minuman teh biasa. Caranya cukup diseduh dengan air panas. Sebelum diminum, dapat pula ditambah madu murni dan air perasan jeruk nipis.

“Daun tanaman ini rasanya pahit, dengan tambahan air jeruk nipis dan madu asli diharapkan bisa mengurangi pahit. Sama halnya dengan beberapa jamu, biar pahit tetap saja ada yang mengkonsumsi,” tegasnya. (Yan)

Read previous post:
Olahan Tuna Singkirkan Toksin di Tubuh

IKAN tuna termasuk jenis ikan laut atau sea food cukup populer. Cara memanfaatkannya dapat diolah menjadi beberapa jenis masakan. Selain

Close