Kacang Panjang Ungu Cegah Penuaan Dini

MERAPI-SULISTYANTO
Kacang panjang ungu tampil khas dan memiliki khasiat kesehatan.

PEMANFAATAN bahan alami berkhasiat baik berasal dari tumbuhan maupun satwa sudah lama dimanfaatkan sebagian warga. Apalagi jika bahan alami tersebut punya nilai gizi yang dibutuhkan tubuh, bahkan ada manfaat kesehatannya, baik sebagai usaha mencegah maupun melawan gangguan kesehatan.

Jumeni yang tinggal di Sidomulyo Sleman mengungkapkan, sayur kacang panjang jenis hijau biasa maupun ungu atau kemerahan sama-sama memiliki nilai gizi. Hanya saja kacang panjang ungu belum banyak yang menanam dan di pasaran tak sebanyak kacang panjang warna hijau atau hijau kekuningan biasa. Adapun manfaat kesehatan kacang panjang ungu, misalnya dapat membantu mencegah penuaan dini, kanker serta mendukung kesehatan jantung maupun sistem pencernaan.

“Yang jelas kacang panjang biasa maupun ungu sama-sama mempunyai kandungan nutrisi atau gizi dan memiliki khasiat kesehatan,” tandasnya.

Kandungan antioksidan pada jenis kacang ungu diyakini pula dapat  membantu mencegah penuaan dini. Hal ini tak jauh beda dengan bahan alami berwarna ungu lain, misalnya jagung, terung, kol dan umbi bit. Bahkan selain mencegah penuaan dini, diharapkan mampu berperan menurunkan risiko serangan kanker di tubuh. Tak kalah penting juga dengan rutin mengkonsumsi olahan kacang panjang ungu dapat membantu memperlancar aliran darah ke otak, sebagai anti peradangan serta membantu mengurangi risiko stroke.

“Kacang panjang ungu yang tampil khas dan mempunyai khasiat kesehatan layak dibudidayakan. Cara perawatannya sama dengan jenis kacang panjang biasa. Selain dapat ditanam di tanah langsung, bisa juga menggunakan plastik polybag. Sebaiknya bisa dipupuk menggunakan pupuk organik secara berkala,” tandasnya. (Yan)


 

Read previous post:
ilustrasi
Polres Sukoharjo Tangkap Dua Pengguna dan Pengedar Sabu

SUKOHARJO (MERAPI) - Dua orang berperan sebagai pengguna dan pengedar narkoba jenis sabu ditangkap Polres Sukoharjo. Penangkapan dilakukan petugas ditempat

Close