Biji Polokyo Cegah Penyumbatan Darah

MERAPI-SULISTYANTO
Biji polokyo meski ukurannya kecil-kecil, namun mempunyai banyak manfaat kesehatan.

SELAIN dapat digunakan untuk memperbanyak suatu jenis tanaman, biji-bijian yang sudah tua juga dapat bermanfaat sebagai obat alami. Antara lain ada biji polokyo, bunga matahari, makassar dan kedelai. Cara pemanfaatannya pun dapat menerapkan resep sederhana, namun bisa juga perlu memanfaatkan piranti modern, sehingga menjadi produk herbal yang bisa dijualbelikan.

Adapun khasiat kesehatan dari biji ukuran kecil ini, antara lain dapat membantu mencegah penyumbatan darah, stroke serta gangguan kesehatan pada organ jantung. Tak ketinggalan, dapat juga membantu melancarkan sirkulasi darah serta menjadi musuh bebuyutan lemak jahat di dalam tubuh secara alami. Dengan kata lain, tak perlu menggunakan obat-obatan berbahan kimia guna membantu mencegah serta melawan gangguan kesehatan tersebut.

Namun, setelah mengkonsumsi biji polokyo bisa memicu menjadikan sering buang air besar. Hal ini antara lain menjadi tanda, bahwa lemak, kolesterol dan racun atau toksin yang berada di dalam tubuh sedang dikeluarkan. Bahkan selain buang air besar, bisa juga merasakan gejala lain seperti mulas serta pusing. Sehingga ada baiknya setelah mengkonsumsi biji polokyo pas dalam keadaan santai agar aktivitas/pekerjaan tak terganggu. Bahkan bisa juga jika ingin menghentikan efek buang-buang air, dapat meminum air dingin ataupun sering minum air putih.

Lain halnya dengan biji bunga matahari yang bisa diolah menjadi kwaci, antara lain diyakini banyak mengandung vitamin E, sehingga bisa mendukung kesehatan antara lain menjaga kesehatan kulit. Tak kalah penting, dengan rutin mengkonsumsi kwaci terbuat dari biji bunga matahari bisa membantu mencegah serta melawan rematik, disentri, demam, sakit kepala dan pegal linu. Contoh resep alami untuk melawan disentri maupun demam, yaitu cukup memanfaatkan 30 gram biji matahari. Bahan ini setelah dicuci bersih lalu diseduh dengan air hangat lalu ditim sekitar satu jam. Setelah diangkat, ditambah gula batu secukupnya dan hasilnya segera diminum.

Sedangkan biji kedelai antara lain dapat membantu pertumbuhan maupun menjaga kondisi sel-sel tubuh serta memperlancar buang air besar. Selain itu kandungan lesitin di dalam kedelai bisa bermanfaat untuk mendukung kesehatan kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan biji kedelai juga  bisa sebagai sumber anti oksidan dan membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Ditambah lagi, adanya kandungan omega-6 dan omega-3 pada kedelai akan membantu mengurangi risiko keluhan kesehatan pada jantung serta mencegah diabetes.(Yan)


 

Read previous post:
Sinyal Tak Kuat, Siswa Belajar di Balai Desa

TEMANGGUNG (MERAPI) - Terkendala sinyal internet yang tak kuat, sejumlah siswa di Desa Keblukan, Kabupaten Temanggung memanfaatkan wifi gratis di

Close