Leunca Bantu Singkirkan Demam

MERAPI-SULISTYANTO
Daun dan buah leunca bermanfaat bagi kesehatan.

ASUPAN bermanfaat bagi kesehatan serta memiliki nilai gizi dapat dikonsumsi secara tunggal ataupun dikombinasi dengan bahan lain. Seiring kemajuan teknologi, cara memanfaatkan bahan bergizi dan berkhasiat tersebut dapat juga meniru yang telah dikupas di berbagai media.

Menurut salah satu warga di Kulonprogo Ny Tri Harjinah, salah satu tanaman berkhasiat bagi kesehatan dan mempunyai nilai gizi, yakni leunca. Khasiat kesehatannya terutama ada di bagian buah dan daun tanaman ini. Adapun kandungan zat di leunca yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain vitamin A, C, senyawa glikosida alkaloid solanin, zat besi, minyak lemak dan kalsium.
“Buah leunca sering dijadikan lalapan, campuran membuat sambal dan beberapa jenis masakan. Warga di Jawa Barat paling senang menggunakan leunca,” jelas Ny Tri.

MERAPI-SULISTYANTO
Tri Harjinah.

Jika digunakan untuk membantu menyingkirkan demam, yaitu bisa daun dan buah leunca. Cara memanfaatkannya, yaitu membutuhkan buah dan daun leunca sebanyk 70 gram. Setelah dicuci bersih lalu direbus menggunakan air bersih lima gelas sampai mendidih selama sekitar 15 menit. Hasilnya diminum tiga kali sehari. Ramuan ini rutin dikonsumsi sampai serangan demamnya tak berkutik lagi. Bahkan, buah leunca yang rutin dikonsumsi bermanfaat sebagai anti bakteri, anti kanker dan tonik.
“Jika bisa menanam sendiri leunca, ketika sewaktu-waktu membutuhkan tinggal memetik. Cara perawatan tanaman ini tidak rumit,” terangnya.

Sedangkan bagian daun tanaman leunca antara lain dapat membantu memperlancar air seni, mempunyai efek menenangkan atau sedatif, dan membantu ngencerkan dahak atau sebagai ekspektoran. Tak ketinggalan bagian getah tanaman leunca diyakini bisa membantu mengatasi gangguan penyakit kulit seperti kutil. Selain leunca, tanaman kucai pun diyakini ada manfaat kesehatannya. (Yan)


 

Read previous post:
Bea Cukai dan Satpol PP Temanggung Bongkar Gudang Miras

TEMANGGUNG (MERAPI) - Petugas gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Temanggung dan Bea Cukai Magelang berhasil membongkar penyimpanan

Close