Cegah Sariawan dengan Daun Kemangi

MERAPI-SULISTYANTO
Daun kemangi termasuk jenis lalapan yang menyehatkan.

PEMANFAATAN daun kemangi cukup beragam, misalnya dicampurkan saat membuat trancam dan pecel. Dapat juga dijadikan lalapan suatu masakan seperti lele, nila dan gurami goreng. Daun yang mempunyai tampilan serta aroma khas ini pun diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan.

Salah satu khasiat daun kemangi, yakni untuk membantu mencegah serta mempercepat sembuhnya serangan sariawan. Bahkan dapat juga dijadikan sebagai musuh alami untuk panas dalam, disentri serta perut mual-mual. Cara pemanfaatannya selain dijadikan lalapan, bisa juga diproses menjadi suatu ramuan alami. Jika dibuat ramuan, misalnya sekitar 50 helai daun kemangi dicuci bersih lalu dikunyah sampai halus selama kisaran tiga menit. Selanjutnya ditelan dan segera minum air hangat. Cara seperti ini dilakukan dua atau tiga kali sehari. Sedangkan manfaatnya sebagai peredam bau keringat antara lain bisa diperoleh cukup dengan rutin membiasakan mengkonsumsi kemangi sebagai lalapan.

Cara pemanfaatan lainnya, antara lain cukup menggunakan satu sendok makan daun kemangi yang sudah dikeringkan, yaitu diseduh dengan setengah cangkir air panas lalu diminum saat keadaan masih hangat. Sebelum diminum bisa juga ditambah madu asli sebagai pemanis. Bahkan dapat juga ditambah perasan jeruk nipis atau lemon. Cara ini pun tak jauh beda ketika membuat minuman teh tubruk maupun lemon tea.

Jenis lalapan lain memiliki khasiat kesehatan, yakni tomat yang dipercaya bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu tomat juga diyakini kaya kandungan vitamin C dan A, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh.
Sedangkan wujud mentimun antara lain bisa dijadikan sebagai musuh tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain dengan rutin mengkonsumsi mentimun, bisa juga dengan memarut mentimun lalu diperas airnya dan diminum dua sampai tiga kali dalam sehari.

Ketika terserang sariawan, diusahakan setiap hari makan buah mentimun dan dilakukan secara rutin agar bisa lekas sembuh. Sebagai pembersih organ ginjal, bisa menerapkan resep yaitu cukup memarut mentimun dan airnya diperas. Hasilnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun. Dengan resep alami ini diharapkan mampu mendukung kesehatan ginjal.  (Yan)

Read previous post:
Polisi Patroli Toko Emas

BLORA (MERAPI) - Petugas Polsek Randublatung gencar melakukan patroli guna sambangi di pertokoan emas. Hal tersebut untuk mencegah kemungkinan adanya

Close