Suweg Sebagai Musuh Kolesterol Jahat

MERAPI-SULISTYANTO
Umbi suweg bisa diolah menjadi asupan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan.

SUATU hal layak disyukuri, aneka jenis tumbuhan dan satwa yang bermanfaat bagi kesehatan cukup mudah ditemukan di Indonesia. Sebagian di antaranya sudah banyak dibudidayakan warga, bahkan biasa dijualbelikan. Ketika diolah menjadi suatu asupan, selain memiliki nilai gizi juga dapat mendukung kesehatan badan.

Wardani yang tinggal di Minggir Sleman mengungkapkan, tanaman suweg juga diyakini memiliki manfaat kesehatan. Biasa dimanfaatkan oleh warga terutama yang tinggal di pedesaan, yakni bagian umbinya. Cara sederhana memanfaatkannya, yakni umbi tersebut cukup direbus. Selain memiliki cita rasa serta tekstur yang khas, juga ada kandungan gizinya dan mendukung kesehatan secara alami.

“Semakin lama dipanen, umbi tanaman suweg bisa semakin besar dan berat bobotnya. Sebagian pedagang di pasar tradisional juga sering menjual umbi suweg bersama singkong, ubi, mbili, talas dan sebagainya,” jelasnya.

MERAPI-SULISTYANTO
Wardani.

Bapak dari empat anak ini meyakini adanya kandungan serat, protein dan karbohidrat pada olahan umbi suweg ada khasiat kesehatannya. Antara lain bisa sebagai musuh kolesterol jahat di tubuh, menghindarkan dari kanker usus, kencing manis dan berat badan berlebih (obesitas). Pemanfaatan dari luar tubuh, misalnya sebagi musuh sakit perut, yakni menggunakan umbi suweg secukupnya, dicuci bersih lalu ditumbuk sampai lumat. Setelah itu ditempelkan pada perut sebagai tapal.
Adapun pemanenan umbi suweg biasanya dilakukan saat daun-daun telah mengering dan batang suweg sudah membusuk. Pada saat seperti ini kandungan pati ataupun gizi di dalam umbi suweg bisa maksimal. (Yan)

Read previous post:
Resmi Lapor Polisi, DPC PDIP Sukoharjo Minta Pelaku Perusakan Baliho EA Ditangkap

SUKOHARJO (MERAPI) - DPC PDIP Sukoharjo resmi melaporkan kasus dugaan perusakan baliho pasangan Etik Suryani-Agus Santosa (EA) tampil dalam Pilkada

Close