Terung Belanda Bantu Hindarkan Anemia

MERAPI-SULISTYANTO
Terung Belanda mempunyai khasiat kesehatan, sebelum diolah bisa disimpan di freezer.

CARA sederhana dan alami untuk membantu mewujudkan hidup lebih sehat sudah banyak diterapkan warga dari zaman dulu. Antara lain dengan memanfaatkan bagian dari suatu tanaman maupun satwa yang mempunyai khasiat kesehatan.

Menurut pemilik kuliner khas Aceh Bungong Jeumpa di Yogya, Syukri Ibrahim, minuman dengan bahan-bahan alami seperti kopi, susu sapi dan jus buah/sayur juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. Satu di antaranya minuman jus yang berbahan terung Belanda. Tanaman terung Belanda bisa tumbuh serta berbuah bagus di daerah dingin seperti Dieng Wonosobo serta Takengon Aceh.
“Terung Belanda ketika dibuat minuman jus, selain menyegarkan juga bergizi dan mempunyai beberapa khasiat kesehatan,” jelas Syukri.

MERAPI-SULISTYANTO
Syukri Ibrahim.

Bapak dari tiga anak alumni dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini menambahkan, cara menyimpan terung Belanda dapat dikuliti dahulu lalu ditempatkan di freezer, sehingga akan bisa lebih awet. Ketika rutin mengkonsumsi olahan terung Belanda diyakini akan bisa membantu menghindarkan dari anemia atau kekurangan sel darah marah. Jika sampai terkena anemia antara lain akan mudah letih, lemah, lesu,  lemas, tak bersemangat serta rentan terhadaap serangan penyakit.
“Rutin mengkonsumsi minuman berbahan terung Belanda, bisa juga menjadi musuh hipertensi. Lalu kandungan seratnya pada terung Belanda bagus untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan,” tambahnya.

Selain itu mengandung banyak vitamin C dan A, sehingga memiliki kandungan antioksidan, antara lain akan bisa membantu mendukung daya tahan tubuh dari beberapa keluhan kesehatan. Bahkan dengan adanya kandungan vitamin A akan dapat membantu menjaga serta meningkatkan  kesehatan mata. Antara lain berperan dalam mencegah terkena katarak, bahkan bisa membantu meningkatkan kualitas penglihatan pada mata.
“Dengan adanya vitamin C, terung Belanda juga akan membantu mendukung kesehatan demikian juga dengan beberapa jenis buah serta sayur yang juga dapat dibuat minuman jus,” tandas Syukri. (Yan)


 

Read previous post:
SENOPATI ING ALAGA KEJATUHAN BINTANG (1) – Ki Bocar Prihatin Kawan-kawannya Sudah Terbius

Pesta pora sore itu berlangsung ramai sekali. Semua mentri pembantu Senopati Ing Alaga datang ikut merayakan. Wajah-wajah mereka nampak riang

Close