Brokoli Sebagai Sumber Antioksidan

MERAPI-SULISTYANTO
Brokoli dijadikan bahan untuk sayur sop bisa berperan mendukung kesehatan.


 
SAYUR jenis brokoli dapat dijadikan olahan berbahan tunggal maupun dikombinasi dengan bahan-bahan lain. Ketika dikombinasi dengan bahan lain, misalnya dijadikan bahan membuat sayur sop. Dengan demikian sayur sop menjadikan semakin banyak memiliki gizi serta khasiat kesehatan alaminya.

Seperti dijelaskan kru penjualan sop asal Yogya, Indah K, sayur brokoli dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan. Alhasil, akan dapat berperan dalam membantu menjaga, meningkatkan atau memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tak mudah terserang gangguan kesehatan.  Diyakini pula, asupan berbahan brokoli dapat mencegah kerusakan sel-sel yang memicu terjadinya penyakit pada paru-paru serius.
“Kandungan gizi pada brokoli antara lain ada beberapa jenis vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, B, zat besi, seng dan asam folat. Vitamin A banyak dikenal ikut mendukung kesehatan mata,” paparnya.

Tak ketinggalan, brokoli juga diyakini dapat membantu program diet penurunan berat badan. Cara mengolahnya, antara lain brokoli mentah yang masih segar dicuci bersih dengan air mengalir. Selanjutnya dimasak dengan direbus sampai mendidih. Agar terasa lezat ditambah sejumlah bumbu. Cara ini setidaknya dilakukan dua kali dalam seminggu. Asupan berbahan brokoli bahkan diyakini pula dapat memperbaiki suasana hati atau cocok dikonsumsi penderita depresi.
“Pemilik gangguan kesehatan pada organ hati, bahkan yang terserang tumor akan bagus juga jika bisa rutin mengkonsumsi olahan berbahan brokoli,” tegasnya.

Ketika sayur sop ada tambahan bahan irisan umbi kentang, antara lain akan membantu memberikan tambahan vitamin C dengan kata  lain juga bermanfaat sebagai antioksidan. Dengan demikian dapat juga membantu menyingkirkan radikal bebas di dalam tubuh. Adapun untuk bisa memperoleh manfaat vitamin C dengan maksimal, maka perlu memilih kentang berkualitas bagus sebelum membeli. Cirinya antara lain tak bertunas, bagian kulit kencang, tak ada bercak kehijauan dan tak ada lubang-lubang pada permukaan kentang.

Selain itu umbi kentang juga mempunyai kandungan vitamin B6 yang bisa berperan dalam sintesis dan metabolisme protein. Selain itu rutin mengkonsumsi olahan kentang diyakini bisa berperan membantu meredam gangguan atau keluhan pada lambung, ginjal serta asam urat. Bahkan bisa juga  membantu melenturkan otot, meremajakan sel dan mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh.
“Dalam sayur sop ketika ada tambahan sayur lain seperti wortel, kembang kol, selederi dan loncang juga bagus untuk kesehatan. Belum lagi aneka bumbu alami yang digunakan saat memasak sayur,” terangnya. (Yan)

Read previous post:
BANYAK TENAGA KESEHATAN TERPAPAR CORONA-3 Puskesmas di Bantul Ditutup Sementara

Close