Berbahan Kedelai Jaga Imunitas Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO
Olahan berbahan kedelai (tempe dan tahu) memiliki banyak manfaat
kesehatan,

TERAPI secara alami untuk membantu mencegah maupun melawan gangguan kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk di antaranya dengan rutin mengkonsumsi asupan bermafaat bagi kesehatan, sehingga diharapkan tak mengeluarkan banyak biaya.

Menurut salah satu kru kuliner Kopi Lampung di kawasan Sidokarto Sleman, Zusuf Ari mengungkapkan, asupan berbahan kacang  kedelai cukup beragam jenisnya antara lain ada tempe, tahu dan sari kedelai. Beberapa kandungan nutrisi pada kedelai seperti lesitin diyakini juga dapat menjaga imunitas/daya tahan tubuh dari berbagai keluhan kesehatan. Bahkan dapat mendukung kesehatan kulit secara alami.
“Kandungan gizi pada asupan berbahan kedelai antara lain ada vitamin, protein, lemak dan mineral. Semua bisa mendukung kesehatan, sudah sewajarnya juga jika asupan tersebut bisa rutin dikonsumsi,” tegasnya.

MERAPI-SULISTYANTO
Zusuf Ari.

Tak ketinggalan, asupan berbahan kedelai bermanfaat bagi pertumbuhan maupun menjaga kondisi sel-sel tubuh. Bahkan bisa mencegah sembelit atau membantu memperlancar BAB. Ada lagi kandungan genisteinyang termasuk zat aktif dalam kedelai dengan rasanya agak pahit, tetapi zat ini termasuk sejenis estrogen alami pada tumbuhan yang berkhasiat sebagai antioksidan serta membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu asupan berbahan kedelai banyak juga mengandung zat besi, sehingga dapat berperan bagi lancarnya sirkulasi atau peredaran darah. Pasalnya, zat besi dalam dalam asupan berbahan kedelai dapat membantu meningkatkan produsi oksigen yang baik dalam membantu proses pembentukan hemoglobin dalam darah. Bahkan sirkulasi darah yang lancar pun akan mendukung kesehatan atau mencegah aneka keluhan kesehatan.
“Asupan berbahan kedelai, misalnya jenis tahu dan tempe dapat dimasak antara lain cukup digoreng sampai dibacem dan bisa dijadikan lauk-pauk,” tandas Zusuf.(Yan)


 

Read previous post:
Nganggur Akibat Corona, Pilih Main Judi

Close