Biji Selasih Sebagai Antibiotik Alami

MERAPI-SULISTYANTO
Minuman berbahan biji selasih dan irisan beberapa buah-buahan bisa berperan mendukung kesehatan.

 MINUMAN yang dapat berperan mendukung kesehatan badan sangat beragam jenisnya. Satu di antaranya yang menggunakan bahan biji selasih. Biasa juga selasih dipadu dengan irisan beberapa jenis buah, puding serta cincau.
“Jadi minuman berbahan biji selasih dapat dikombinasi dengan bahan-bahan lain, selain bisa menyegarkan juga banyak diyakini manfaat kesehatannya,” ungkap Rendi N yang tinggal di kawasan Mlati Sleman.

Ia meyakini minuman berbahan selasih  mempunyai banyak manfaat kesehatan, misalnya bisa sebagai anti biotik alami, antara lain akan dapat membantu  melawan bakteri jahat di tubuh. Dengan demikian beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan bakteri jahat dapat dihindarkan. Tak kalah penting juga, yaitu bisa membantu menjaga dan mendukung kehalusan kulit wajah. Cara membuat ramuannya, yaitu biji selasih dihaluskan hingga menjadi bubuk biji selasih secukupnya. Lalu ditambah air dingin secukupnya dan dibalurkan pada kulit wajah serta didiamkan beberapa saat. Setelah itu dibersihkan dengan air hangat. Cara ini dapat dilakukan satu kali sehari.

Lain halnya jika digunakan sebagai ramuan alami untuk membantu menggempur serangan paru TBC. Caranya, yaitu cukup menggunakan 60 gram seluruh bagian tumbuhan selasih segar. Bahan ini lalu dicuci bersih dan segera direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Masih ditambah gula merah ataupun madu murni secukupnya. Hasilnya dapat diminum tiga kali sehari. Setiap kali minum sebanyak 100 cc.
“Ketika selasih dipadu dengan jenis buah-buahan, herbal empon-empon maupun rempah-rempah juga akan semakin banyak manfaat kesehatan dari suatu minuman berbahan selasih,” terang Rendi.

Jika dalam minuman juga menggunakan bahan wujud buah nanas, antara lain akan ada tambahan manfaaat kesehatan. Antara lain daging buah nanas banyak mengandung vitamin A dan C yang mampu mendukung kesehatan badan. Bahkan juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, enzim bromelain dan sukrosa. Manfaat kesehatan nanas, misalnya sebagai anti oksidan, anti radang serta mengatasi ketombe. Bahkan dapat membantu menyingkirkan sembelit alias mempermudah buang air besar.

Dikenal sebagai penggempur sembelit yang tangguh, pasalnya daging buah nanas mempunyai kandungan serat tinggi. Tak ketinggalan, buah nanas juga baik dikonsumsi saat sedang sakit, sebab dalam nanas terkandung zat-zat yang dapat membantu menyerap obat ke dalam tubuh. Lain halnya dengan bagian daun tanaman nanas antara lain diyakini mampu membantu mengatasi bisul serta gatal-gatal di kulit.

Selain buahnya, daun tanaman nanas juga diyakini berkhasiat.Cara memanfaatkannya, bahan wujud daun nanas yang tak terlalu tua setelah dicuci bersih lau ditumbuk halus. Hasilnya rutin dibalurkan pada bagian yang sakit. Selain itu enzim dalam daun nanas dapat membantu mengangkat jaringan kulit yang mati akibat luka bakar. Caranya, cukup dengan menumbuk beberapa helai daun nanas yang telah dicuci bersih lalu dibalurkan pada bagian kulit yang iritasi karena luka bakar. (Yan)


 

Read previous post:
Sakit Memikirkan Anak

APAPUN alasan yang disampaikan Purbo untuk menikah lagi, bagi Yani hal itu tetaplah menjadi pukulan yang sangat menyakitkan. Apalagi usia

Close