Jantung Pisang Cegah Anemia dan Diabetes

MERAPI-SULISTYANTO
Jantung pisang bisa diolah jadi bothok, dimakan dengan nasi dan asupan menyehatkan lainnya.

TERAPI alami menggunakan bahan-bahan berkhasiat diyakini lebih menghemat biaya dibanding harus membeli obat-obat berbahan kimia. Apalagi ketika harus di rumah sakit dan ditangani dokter spesialis suatu gangguan kesehatan.

Menurut warga Jowah Sleman, Mustarom, bahan alami wujud jantung pisang juga diyakini dapat dimanfaatkan untuk terapi alami. Sebagai contoh, jantung pisang diolah dahulu misalnya menjadi sayur maupun bothok. Ketika dibuat bothok, biasa juga ditambah bahan alami lain seperti parutan kelapa, cabe dan beberapa bumbu alami yang menyehatkan.
“Ketika dibuat menjadi bothok jantung pisang, cara mengkonsumsinya dapat dimakan langsung maupun dipadu dengan nasi,” tandas Tarom.

Dengan rutin mengkonsumsi olahan diyakini pula dapat membantu mencegah diabetes dan anemia. Alasannya, antara lain jantung pisang dapat bermanfaat mengurangi tingkat gula darah dan meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Salah satu alasannya karena bahan ini kaya serat dan zat besi yang membantu dalam produksi sel darah merah. Alhasil, biasa dianjurkan bagi penderita diabetes dan anemia bisa rutin mengkonsumsi sayur berbahan jantung pisang.

MERAPI-SULISTYANTO
Mustarom.

Selain itu kandungan anti inflamasi dan anti bakteri dalam jantung pisang juga diyakini dapat mengurangi beberapa masalah kesehatan seperti infeksi jamur, maag, masalah peradangan termasuk di antaranya radang sendi.
“Tak jauh beda dengan aneka sayur, jantung pisang  juga kaya kandungan serat sehingga bagus untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan di tubuh,” terangnya.

Ditambahkan, olahan jantung pisang juga cocok untuk rutin dikonsumsi kaum hawa yang baru melahirkan, pasalnya dalam jantung pisang juga diyakini ada kandungan zat-zat tertentu yang dapat membantu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). Sehingga dengan ASI yang tercukupi diharapkan, bayi lebih sehat atau tak gampang terkena gangguan kesehatan. “Ketika mengkonsumsi olahan bothok, bisa juga dipadu lauk, sayur, sambal dan asupan lain yang bisa mendukung kesehatan,” ungkap Tarom. (Yan)

Read previous post:
JAZAD UNTUNG SURAPATI WANGI (1) – Pasukan Gabungan Siap Menyerang Pertahanan Sunan Kendang

Untung Surapati adalah seorang tokoh dalam sejarah Nusantara yang dicatat dalam Babad Tanah Jawi. Kisahnya menjadi legendaris karena mengisahkan seorang

Close