Jalu Mampang Musuh Radang Kulit

MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman jalu mampang memiliki khasiat kesehatan.

SEBAGIAN jenis tanaman berkhasiat obat belum banyak dikenal masyarakat. Namun ada pula yang sudah sangat mengenal dan ketika digunakan untuk terapi secara alami merasa cocok, bahkan tak membutuhkan banyak biaya.

Suyatno yang tinggal di Sumberagung Sleman menjelaskan, tanaman jalu mampang belum banyak dikenal berbagai kalangan. Namun tanaman merambat ini diyakini ada beberapa manfaat kesehatan, bahkan beberapa jenis ikan juga senang memakan daun tanaman ini. Cara memperbanyak dan merawat tanaman ini pun cukup mudah. Untuk memperbanyak tanamannya dapat menerapkan setek batang.
“Jika ditanam di tanah yang subur, akan mudah berkembang biak bahkan bisa menjalar ke pepohonan. Terutama bagian daunnya diyakini ada khasiat kesehatannya,” papar Pak Yatno, sapaan akrabnya.

MERAPI-SULISTYANTO
Suyatno.

Khasiat kesehatannya antara lain bisa sebagai musuh bebuyutan radang kulit dan sejumlah gangguan kesehatan pada kulit, antara lain wudun atau bisul dan kutu air. Bahkan ada juga yang merasa cocok untuk membantu mengatasi panu. Resep yang bisa diterapkan, misalnya menggunakan bagian daun tanaman jalu mampang secukupnya lalu dicuci dan diiris-iris. Setelah ditumbuk sampai lumat, lalu diturapkan pada bagian kulit yang bermasalah tersebut. Selanjutnya dibiarkan sekitar 15 menit dan segera dibilas dengan air bersih. Cara ini bisa dua atau sekali dalam sehari agar bisa segera dirasakan hasilnya.
Tak kalah penting, daun jalu mampang juga diyakini dapat membantu mempercepat pemulihan luka, sebab memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. (Yan)

Read previous post:
Cerita Bergambar W.A.S.P

Close