Cegah Serangan Anemia dengan Rolade

MERAPI-SULISTYANTO
Irisan rolade dan beberapa jenis sayur bisa mendukung kesehatan badan.

ROLADE menggunakan bahan baku daging ayam ataupun sapi termasuk jenis asupan bermanfaat bagi kesehatan. Selain bahan baku wujud daging, ada tambahan juga telur ayam serta sejumlah rempah alami seperti bawang putih, kemiri dan merica.
Bahan-bahan tersebut diyakini Ny Darsono mampu memberi manfaat atau khasiat kesehatan. Semakin berkhasiat lagi ketika irisan rolade dicampurkan pada beberapa jenis masakan, misalnya sop sayur. Apalagi dalam sop juga biasa ada sejumlah sayur menyehatkan, misalnya daun bawang, seledri, brokoli, wortel dan kembang kol.
“Kuah sayur sop juga dibuat dari bahan-bahan menyehatkan seperti beberapa jenis bumbu seperti berasal dari empon-empon dan rempah-rempah,” paparnya.

Ditambahkan, ketika bahan baku rolade menggunakan daging ayam akan diperoleh aneka nutrisi menyehatkan yang dibutuhkan tubuh, misalnya kandungan zat besinya diyakini dapat membantu mencegah serangan anemia. Lalu kandungan vitamin B5 antara lain bisa membantu menjaga tubuh untuk tetap tenang dan menurunkan kadar emosional negatif serta memicu lebih rileks.
Adapun kandungan protein, vitamin dan mineral yang cukup tinggi antara lain bisa membantu  menjaga serta meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Termasuk juga membantu mempercepat sembuhnya gangguan kesehatan. Sehingga ketika sedang sakit atau kesehatan tubuh sedang terganggu seperti terserang flu, sering dianjurkan rutin mengkonsumsi olahan daging ayam.

“Ketika membuat rolade berbahan daging ayam lalu dicampurkan pada masakan sop, menjadikan harga sop lebih terjangkau. Manfaat kesehatannya juga banyak yang bisa diperoleh. Lain halnya rolade yang menggunakan daging sapi akan menjadi lebih mahal,” terang Ny Darsono di lokasi usahanya penjualan aneka sop kawasan Jalan Kyai Mojo Yogya.

Sedangkan  kandungan sayur brokoli antara lain ada vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, bahkan  juga sumber alami asam folat. Dengan adanya kandungan asam folat, maka bisa membantu mencegah penyakit hati. Ada lagi penelitian yang menyebutkan brokoli dapat membantu mencegah perkembangan tumor. Tak kalah penting, juga dapat berperan  meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko katarak, memperbaiki kesehatan jantung serta memelihara kepadatan tulang.
“Beberapa jenis sayuran lain pada sop maupun rempah-rempah untuk campuran bahan kuahnya juga bagus untuk mendukung kesehatan badan, termasuk berperan dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh,” tegasnya. (Yan)

Read previous post:
Menunggu Pekerjaan Membosankan

MENUNGGU adalah pekerjaan paling membosankan. Hal itu pula yang dialami oleh Darti. Ia harus sabar menunggu kelahiran anak dalam kandungannya,

Close