Cegah Darah Tinggi dengan Gurami

MERAPI-SULISTYANTO
Olahan filet daging gurami dikombinasi sambal berbahan rempah-rempah dan lalapan bagus untuk kesehatan.

BAHAN alami bermanfaat bagi kesehatan cara memanfaatkannya bisa saling dikombinasikan. Antara lain bisa menjadi suatu minuman,  masakan atau makanan. Ketika rutin dikonsumsi diharapkan dapat membantu mencegah serta melawan gangguan kesehatan.

Salah satu kru usaha jual-beli gurami konsumsi di Pedes Sedayu, Basuki mengungkapkan aneka ikan air tawar maupun laut cukup populer di masyarakat. Setelah diolah menjadi suatu masakan, memiliki cita rasa khas. Bahkan dapat membantu mendukung kesehatan, baik dalam usaha mencegah serta melawan gangguan kesehatan agar lekas sembuh.

Salah satu jenis ikan air tawar yang disenangi berbagai kalangan, yakni ikan gurami. Jika dagingnya sudah maksimal bahkan cocok difilet lalu dijadikan aneka olahan. Ketika sudah diolah menjadi aneka jenis masakan akan tetap memiliki cita rasa dan tekstur khas, bahkan nilai gizinya tinggi. Diyakini pula dapat membantu menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh, sehingga ikut berperan agar tubuh tak gampang sakit serta bisa mempercepat sembuhnya suatu gangguan kesehatan.

“Ketika ramai-ramainya virus corona, banyak kuliner tidak buka, acara-acara penting yang sifatnya berkerumun juga ditiadakan, sehingga sangat berpengaruh pada omzet penjualan gurami. Namun tak sedikit juga warga yang menyakini aneka jenis ikan termasuk gurami bisa mendukung imunitas tubuh, sehingga tetap ada pembelian-pembelian gurami secara offline maupun online,” papar Basuki.

MERAPI-SULISTYANTO
Basuki.

Selain mampu mendukung imunitas tubuh, olahan daging ikan gurami diyakini pula dapat membantu mencegah beberapa keluhan kesehatan lain, seperti darah tinggi (hipertensi), jantung koroner serta beberapa jenis kanker. Diyakini juga oleh Basuki, aneka kandungan nutrisi pada daging gurami juga bagus untuk kesehatan badan. Ditambah lagi waktu memasak bisa mengkombinasikan dengan beberapa empon-empon dan rempah-rempah alami yang juga bagus untuk kesehatan.

“Olahan gurami saat disajikan dalam suatu acara maupun menjadi menu masakan di lokasi kuliner biasa juga didampingi dengan lalapan. Beberapa jenis lalapan seperti kemangi, mentimun, tomat, selada serta bawang bisa semakin menambah khasiat kesehatan dari menu masakan tersebut,” jelasnya. (Yan)


 


 

Read previous post:
DPRD Pacitan Belajar Pembukaan Pariwisata Era Normal Baru di Karanganyar

Close