Ikan Lele Perkuat Otot-otot Perut

MERAPI-SULISTYANTO
Ikan lele memiliki banyak kandungan gizi dan bisa mendukung kesehatan.

IKHTIAR meraih atau mewujudkan sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Satu di antaranya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami berkhasiat. Ketika dirutin dikonsumsi pun tetap aman bagi kesehatan, serta tak butuh biaya mahal.

Andi Krisna asal Gamping Sleman mengungkapkan ikan jenis lele terlebih lele lokal diyakini termasuk bahan alami berkhasiat. Demikian juga dengan jenis ikan gabus, sidat dan belut. Khususnya ikan lele dapat diolah menjadi beberapa jenis masakan dan bisa dikombinasi dengan aneka rempah-rempah saat memasak. Perpaduan manfaat kesehatan pada daging lele dan rempah-rempah berdampak bagus bagi kesehatan.
“Lele termasuk jenis ikan yang banyak gizinya, antara lain cukup kaya dengan kandungan protein,” jelasnya.

Ketika bisa rutin mengkonsumsi asupan berbahan daging ikan lele, misalnya bisa berperan membantu menjaga stamina dan memperkuat otot-otot perut. Bahkan ada pula yang meyakini bisa mencegah dan menjdi musuh hepatitis, anemia, kencing manis dan ambien. Adapun cara membuat olahan ikan lele, misalnya cukup direbus, diberi bawang putih dan garam lalu dimakan. Bisa juga dibakar  mendekati hangus lalu ditumbuk sampai halus, dibuat serbuk dan diminum layaknya membuat kopi. Sebaiknya tak memakai gula dan jika ingin manis cukup dengan madu murni.

MERAPI-SULISTYANTO
Andi Krisna.

Selain lele, olahan belut diyakini pula mempunyai kandungan gizi serta manfaat kesehatan. Antara lain mendukung kesehatan tulang agar menjadi kokoh dan kuat. Alhasil, mampu membantu mencegah terserangnya penyakit osteoporosis atau keropos tulang. Bahkan kandungan zat besinya antara lain bisa mencegah anemia serta membantu mencegah letih dan lesu.”Cara mengolah belut juga ada berbagai resep, mulai cukup digoreng sampai dibuat aneka masakan dengan tambahan bumbu-bumbu alami,” tandas Andi. (Yan)

Read previous post:
Rapid Test Acak Sasar Warga Dewasa Hingga Anak-anak

Close