Sembelit Bisa Dilawan dengan Kemiri

MERAPI-SULISTYANTO
Kemiri termasuk jenis rempah-rempah yang memiliki khasiat kesehatan.

USAHA melawan gangguan kesehatan dapat menggunakan bahan-bahan alami berkhasiat. Dengan langkah seperti ini diharapkan gangguan kesehatan dapat teratasi atau kesehatan badan kembali normal.

Amin Shidik yang tinggal di kawasan Godean Sleman mengungkapkan, sebagian jenis rempah-rempah sering digunakan sebagai obat alami. Sudah banyak kesaksian juga yang rutin memanfaatkan bahan alami dari rempah-rempah untuk membantu menormalkan gangguan kesehatan. Satu di antaranya menggunakan kemiri, antara lain untuk membantu melawan sembelit sampai mendukung kesehatan rambut.
“Selain biasa dimanfaatkan sebagai campuran bumbu masakan, kemiri diyakini juga memiliki khasiat kesehatan atau bisa dijadikan sebagai obat alami,” tandas Amin.

MERAPI-SULISTYANTO
Amin Shidik.

Jika dimanfaatkan untuk membantu melawan sembelit,  yaitu dapat menggunakan  satu buah kemiri kualitas bagus.  Bahan alami ini masih perlu ditambah bahan lainnya seperti dua siung bawah merah, 30 gram daun urang aring, 10 gram kayu manis, lima gram pulosari, enam gram adas dan setengah sendok teh garam. Semua bahan dihaluskan lalu direbus dengan 800 cc air sampai tersisa separuhnya.  Setelah itu disaring dan airnya diminum dua kali sehari, ssetiap kali minum cukup 200 cc. 
“Kemiri bisa juga diproses menjadi wujud minyak kemiri antara lain punya manfaat kesehatan untuk mendukung kesehatan rambut,” urainya.

Adapun resep sederhana menggunakan kemiri untuk membantu menyuburkan ataupun mendukung kesehatan rambut  termasuk mencegah  rambut mudah rontok. Cara yang bisa diterapkan, yakni dengan ditambah daun pandan wangi dan sejumlah rempah-rempah lain lalu diolah menjadi minyak kemiri.  Hasilnya cukup rutin diusapkan pada kulit kepala, selain bisa menjaga kesehatan rambut termasuk menyuburkan, menghitamkan serta mencegah rontok, dipercaya pula bisa membantu menyingkirkan ketombe.
“Minyak alami berbahan kemiri memiliki aroma khas dan sudah banyak dikenal bisa membantu menjaga kesehatan rambut,” tambahnya. (Yan)

Read previous post:
Sudah Diweling Simbah Lewat Mimpi

SUDAH tiga hari lebih keluarga Sardono mengalami hal misterius lewat mimpi. Sardono bermimpi tentang Mbah Sinem, neneknya yang telah meninggal.

Close