Bayam Merah Ditakuti Darah Rendah

MERAPI-SULISTYANTO
Bayam merah bisa membantu menormalkan beberapa gangguan kesehatan.

IKHTIAR agar kesehatan tetap normal alias tak terganggu layak dilakukan segenap lapisan masyarakat. Pemanfaatan aneka bahan alami baik yang hidup liar di alam maupun hasil budidaya termasuk yang bisa diterapkan. Bahan alami bermanfaat bagi kesehatan antara lain bisa berasal dari tumbuh dan satwa. Jika berasal dari satwa, misalnya aneka jenis ikan, ternak kelinci,  kambing, ayam serta sejumlah satwa reptil. 

Sedangkan berasal dari tumbuhan lebih beragam lagi, misalnya bayam, binahong, talas, daun singkong dan daun pepaya. Hal ini pun diyakini Rohani yang tinggal di kawasan Minggir Sleman. Bahkan sebagian bahan alami tersebut juga mampu mendukung kesehatan satwa atau binatang ternak.

“Banyak disyukuri, kita hidup di negara yang memiliki banyak sumber daya alam. Sebagian mudah dibudidayakan di pekarangan serta bermanfaat bagi kesehatan,” jelas Rohani.

Beberapa varietas bayam, misalnya bayam hijau dan merah diyakini juga ada khasiat kesehatannya. Cara pemanfaatannya antara lain dibuat beberapa jenis sayur, untuk lalapan sampai campuran membuat urap dan pecel.  Dengan rutin mengkonsumsi olahan bayam merah antara lain ditakuti oleh tekanan darah rendah, kurang darah ataupun anemia.

Artinya juga bisa membantu menormalkan tekanan darah. Tak ketinggalan, dapat juga sebagai bahan alami berkhasiat untuk membantu mengusir serangan disentri. Resep yang bisa diterapkan, antara lain menggunakan daun segar bayam, lalu dicuci bersih dan direbus. Air hasil rebusan diminum dan bayamnya bisa dimakan langsung. Bisa juga dibuat minuman jus.

Selain itu bayam merah bisa untuk membantu melancarkan buang air besar (BAB), sebab termasuk jenis sayur yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Tak kalah penting, bisa digunakan untuk membantu membersihka darah sehabis bersalin, bahkan ikut memperkuat ataupun menyehatkan akar rambut.

Adapun untuk pemakaian luar, daun digiling sampai halus lalu ditempelkan pada luka, misalnya akibat gigitan binatang berbisa.
“Daun binahong juga termasuk bahan alami yang mempunyai khasiat kesehatan. Dengan izin Yang Maha kuasa, beberapa keluhan kesehatan dapat diatasi dengan binahong,” terangnya.

Bahkan selain daunnya, umbi binahong pun diyakini bisa membantu menormalkan keluhan kesehatan dengan cara aman serta murah. Jika untuk membantu melawan  memar karena terpukul, luka bakar dan luka iris, yakni bisa menggunakan daun binahong bisa dengan batang dan daun binahong cukup ditumbuk halus. Setelah itu dioleskan pada luka. Selain

itu daun binahong juga bisa cukup dikunyah maupun dimasak dengan segelas air. Bahkan, bisa dibuat jus dengan diblender untuk membantu mengatasi beberapa keluhan kesehatan di dalam tubuh.
“Cara memperbanyak tanaman ini juga cukup mudah. Penanamannya bisa di tanah langsung maupun di pot-pot,” papar Rohani.(Yan)

Read previous post:
Karyawati Bank Jadi Korban Penjembretan

SUKOHARJO (MERAPI) - MR seorang karyawati bank milik pemerintah menjadi korban penjambretan di jalur tengah sawah di wilayah menghubungkan Kelurahan

Close