Daun Alpukat Ditakuti Darah Tinggi

MERAPI-SULISTYANTO Daun tanaman alpukat berkhasiat, jenis tanaman ini layak dilestarikan.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman alpukat berkhasiat, jenis tanaman ini layak dilestarikan.

MANFAAT tanaman alpukat sudah banyak dikenal masyarakat luas. Tanaman yang terdiri dari bermacam varietas ini bagian buah serta daunnya diyakini memiliki khasiat kesehatan. Keberadaan tanaman ini di alam pun akan mampu menambah pasokan oksigen. Sehingga sudah selayaknya jenis tanaman ini dilestarikan keberadaannya.

Warga kawasan Klepu Sleman, Leo Eko W pun mengakui jika daging  buah alpukat mempunyai nilai gizi cukup tinggi. Ketika bisa rutin dikonsumsi, baik secara langsung, dibuat minuman jus serta olahan lain akan mampu mendukung kesehatan badan. Wajar saja jika beberapa varietas alpukat banyak dilestarikan atau diperbanyak, misalnya dengan sambung pucuk.

“Tanaman alpukat yang mempunyai manfaat kesehatan terutama bagian daging buah maupun daunnya sudah banyak yang mengenal. Beberapa varietas alpukat juga cukup populer untuk dikembangkan, misalnya jenis kendil, aligator dan mentega,” paparnya.

Bapak dari dua anak ini menjelaskan, dengan izin Yang Maha Kuasa, daun alpukat bisa membantu mencegah dan melawan darah tinggi atau hipertensi. Dengan kata lain, ketika mengkonsumsi ramuan alami berbahan daun alpukat akan ditakuti oleh hipertensi. Cara membuat ramuannya pun bisa menerapkan cara tradisional. Antara lain cuku dengan menggunakan tiga sampai lima lembar daun alpukat segar serta yang berkualitas bagus. Bahan ini setelah dicuci bersih menggunakan air mengalir lalu diseduh dengan satu gelas air panas. Setelah dingin atau hangat, airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas.

Bahkan ada pula yang bisa memproses daun alpukat menjadi sari daun alpukat. Inti pengolahannya, daun dicuci bersih, dibuat steril dan direbus. Hasil akhirnya dikemas menggunakan botol-botol yang juga steril. Minuman sari daun alpukat ini mempunyai cita rasa tawar mirip cincau. Saat minum untuk membantu terapi kesehatan, tanpa perlu diberi gula. Dalam sehari bisa minum antara dua atau tiga kali, antara lain dapat membantu menyingkirkan sakit pinggang, musuh pegal-linu di boyok ataupun punggung dan meredam nyeri haid.
“Sedangkan daging buah alpukat antara lain kaya kandungan vitamin E, sehingga bagus untuk mencegah dan melawan kolesterol jahat. Seratnya bagus untuk sistem pencernaan,” beber Leo.

Tak kalah penting, manfaat kesehatan lain dari daging alpukat, misalnya bisa mendukung kesehatan mata dan menjaga kesehatan jantung serta kulit. Sering rutin dikonsumsi juga untuk membantu penurunan berat badan atau mencegah obesitas. (Yan)

 

Read previous post:
Wonosobo Hentikan Sementara Usaha Perdagangan Nonsembako

WONOSOBO (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menerbitkan surat edaran (SE) bupati tentang tata niaga perdagangan dalam rangka Idul

Close