Daun Asam Jawa Musuh Demam

MERAPI-SULISTYANTO Daun tanaman asam Jawa mempunyai beberapa manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman asam Jawa mempunyai beberapa manfaat kesehatan.

SEIRING kemajuan teknologi, cara menyebarluaskan tentang manfaat bahan alami berkhasiat bagi kesehatan semakin beragam. Kemajuan adanya teknologi internet termasuk yang banyak memberi pengaruh.

Menurut Haryanto yang tinggal di kawasan Kasihan Bantul, beberapa tanaman berkhasiat diyakini mampu mendukung kesehatan tanpa ada efek samping serta biayanya lebih terjangkau. Sebagai contoh, bahan alami dari tumbuhan asam Jawa, terutama bagian daun serta buah asam Jawa diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan. Cara memanfaatkannya dapat secara tradisional sampai modern dengan menggunakan sejumlah piranti mesin.

“Pohon asam Jawa sudah banyak dikenal warga termasuk jenis tanaman bermanfaat. Bagian buah maupun daun-daunnya memiliki khasiat kesehatan. Bahkan ketika dibuat tanaman bonsai, jenis tanaman ini tetap juga bisa berbuah meski tak maksimal baik dari ukuran dan jumlah buahnya,” papar Haryanto, baru-baru ini.

Ketika akan digunakan sebagai musuh serangan demam, yakni bisa menyiapkan satu genggam daun asam Jawa dan adas pulawaras secukupnya. Cara membuat ramuannya, kedua bahan tersebut setelah dicuci lalu direbus dengan setengah  liter air  sampai mendidih. Setelah itu disaring lalu diminum dua kali sehari, cukup pada pagi dan sore hari.

MERAPI-SULISTYANTO Haryanto.
MERAPI-SULISTYANTO
Haryanto.

Adapun untuk menggempur sariawan, yakni bisa menggunakan daun asam idealnya masih muda cukup satu cangkir dan sepotong kunyit lima centimeter. Selain itu air empat gelas serta gula, sebaiknya gula aren secukupnya. Cara pembuatannya, kunyit yang sudah diiris kecil-kecil direbus bersama daun asam dan ditunggu sampai airnya tinggal setengah. Setelah itu ditambah gula dan air rebusan disaring. Cara pemakaian, air yang sudah disaring diminum pagi dan sore, sampai gangguan kesehatan tersebut bisa sembuh.

“Lain halnya dengan buah asam Jawa, bagus juga diolah menjadi minuman kesehatan. Caranya cukup beragam, bahkan bisa cukup dipadu gula aren. Kalau dipadu dengan rimpang kunir sering disebut kunir asam antara lain bagus untuk mendukung kesehatan kulit dan sistem pencernaan,” terangnya. (Yan)

 

Read previous post:
Ketika Dua Bapak Rebutan Sinden

ADA ungkapan Jawa berbunyi ‘ Witing tresna jalaran saka kulina’. Sebuah percintaan yang terjalin karena seringnya bertemu. Adalah sebuah cinta

Close