Madu Klanceng Cegah Serangan Flu

MERAPI-SULISTYANTO Sarang klanceng sudah ditemukan madu dan bisa dijadikan asupan berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Sarang klanceng sudah ditemukan madu dan bisa dijadikan asupan berkhasiat.

INGIN buka puasa dengan minuman atau makanan bercita rasa manis dan menyehatkan?
Satu di antaranya membuat minuman air putih hangat lalu diberi madu satwa klanceng secukupnya. Dapat juga sejumlah makanan, misalnya roti tawar lalu diberi madu klanceng, sebab madu dapat juga digunakan layaknya selai dengan cita rasa manis yang khas. Alhasil, selain menambah nafsu makan, juga memberi asupan gizi dan menyehatkan badan.

Cara ini pun biasa diterapkan Sunarto asal Nogotirto Sleman. Bahkan ia meyakini ada banyak manfaat kesehatan dari madu tersebut. Wajar juga jika ia lebih senang untuk bisa rutin mengkonsumsi jenis madu klanceng.
“Ketika membuat minuman teh, kopi, jus maupun jenis minuman lain dengan cita rasa manis dan sebagai pengganti gula, bisa juga memanfaatkan madu klanceng,” jelasnya.

Di kawasan pedesaan, sebut Narto, sering ditemukan satwa klanceng bersarang di batang pohon bambu, bisa juga di kayu-kayu sudah lama tak terpakai. Selain itu ada juga yang membuatkan sarang buatan satwa klanceng, seperti menggunakan kotak terbuat dari kayu, bahkan bisa juga kendhil yang dibuat dari tanah liat. Ketika menemukan sarang lanceng dan di bagian sarang tampak ada banyak madu, maka bisa diambil. Bagian yang ada madunya bisa diperas menggunakan saringan, sehingga diperoleh madu siap dikonsumsi.

Dengan izin Yang Maha Kuasa, ketika bisa rutin mengkonsumsi madu klanceng, diharapkan akan dapat membantu mencegah dan melawan serangan flu termasuk demam, batuk dan pilek. Bahkan ditakuti pula oleh radang tenggorokan, liver serta demam berdarah. Bagus juga untuk membantu terapi luka bakar serta diare. Tak kalah penting, bisa ikut berperan
membantu menjaga atau mendukung kekebalan atau imunitas tubuh. Selain itu bisa membantu menjaga stamina tubuh.

Adapun bahan alami berasal dari tumbuhan,  Narto meyakini, jenis buah anggur memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan rutin mengkonsumsi anggur diharapkan bisa menyingkirkan  timbunan toksin dan lemak jahat di dalam pembuluh darah. Kondisi seperti ini akan bisa membantu mencegah terjadinya penyempitan serta penyumbatan pembuluh darah. Tak kalah penting dengan rutin mengosumsi buah anggur, baik disantap langsung maupun wujud jus mampu membantu meredam lelah dan menjaga kekebalan tubuh. Hal ini sebagai dampak kemampuan anggur membersihkan hati/liver dan menggiatkan fungsi ginjal.

“Anggur yang sudah biasa ditanam warga serta mudah ditemukan di kios buah cukup beragam jenisnya. Antara lain ada yang kulitnya tipis, rasanya manis dan segar. Anggur ini banyak ditemui di daerah yang lebih kering. Sedangkan yang satu lagi kulitnya tebal, rasanya agak asam dan kurang segar,” urainya. (Yan)

 

Read previous post:
Ganjel Mesin ATM, Dua Pencoleng Keruk Uang Ratusan Juta

SEMARANG (MERAPI)- Dua orang penjahat spesial membobol uang nasabah dengan modus mengganjal mesin ATM, telah berhasil diringkus Resmob Sat Reskrim

Close