Olahan Bulus Dukung Kesehatan Kulit

MERAPI-SULISTYANTO Bulus memiliki manfaat kesehatan, bagian daging dan hatinya bisa diolah menjadi sejumlah masakan.
MERAPI-SULISTYANTO
Bulus memiliki manfaat kesehatan, bagian daging dan hatinya bisa diolah menjadi sejumlah masakan.

BAHAN alami berkhasiat baik berasal dari satwa maupun tumbuhan sudah banyak yang mengenal. Bahkan sebagian warga telah merasakan manfaatnya, lalu bisa disebarluaskan atau gethok tular lewat berbagai media, sehingga aneka resep atau ramuannya bisa tetap lestari sampai sekarang. Tak jarang juga cara memanfaatkan bahan alami dengan menyampurkan sejumlah bahan. Namun ada pula model tunggal, tanpa ada kombinasi dengan jenis bahan lain.

Harjono asal Yogya mengungkapkan, sebagian jenis satwa reptil sudah sering diolah oleh warga. Antara lain bagian daging dan hati satwa tersebut. Satu di antaranya jenis bulus. Baik daging maupun hati. Olahannya antara lain bisa berwujud sate, tongseng, abon serta rica-rica. Selain mengandung nilai gizi juga bagus untuk kesehatan, misalnya menjaga metabolisme tubuh, mencegah kekurangan gizi dan mendukung kesehatan mata serta kulit.

“Bagian gajih atau lemak bulus dapat juga diproses menjadi minyak bulus yang juga bisa membantu mendukung kesehatan kulit, bahkan bisa dijadikan bahan baku pembuatan sabun serta beberapa produk lain,” bebernya.

MERAPI-SULISTYANTO Harjono.
MERAPI-SULISTYANTO
Harjono.

Bulus yang sudah layak disembelih, lanjut Jono, idealnya minim sudah satu tahunan. Semakin bagus juga dipilih bulus yang gemuk. Sejumlah warga pun ada yang biasa berburu, memelihara dan bahkan mengolah daging serta gajih bulus. Salah satu yang sudah dikenalnya, yakni H Affandi, bahkan sudah membuka usaha kuliner spesial olahan bulus maupun ikan sidat. Hanya saja sejak ramai wabah Covid-19 sedang off dahulu.
“Tapi bisa jadi menerima pesanan secara online,” tambahnya.

Adapun untuk memanfaatkan gajih bulus agar bisa diambil minyaknya, yaitu bisa dengan memotong-potong gajih tersebut lalu dijemur dan minyak yang keluar ditampung di suatu wadah. Minyak ini bisa menjadi bahan baku sabun mandi maupun krim penghalus kulit wajah. Bahkan, banyak diyakini mengandung Vitamin E, A dan K. (Yan)

 

Read previous post:
Alumni AKABRI 2001 Baksos Didistribusi Paket Sembako di Seluruh Indonesia

KARANGANYAR (MERAPI) - Bakti sosial Alumni AKABRI 2001 Dwipa Arya (AD, AU, AAL dan Polri) digelar serentak di seluruh wilayah

Close