Cegah Kanker Dengan Konsumsi Tauge

MERAPI-SULISTYANTO Tauge dapat dikombinasi dengan beberapa bahan alami, sehingga semakin banyak diperoleh manfaat kesehatannya.
MERAPI-SULISTYANTO
Tauge dapat dikombinasi dengan beberapa bahan alami, sehingga semakin banyak diperoleh manfaat kesehatannya.

MENU masakan menyehatkan layak untuk rutin disajikan, misalnya saat sahur maupun buka puasa. Menu yang dipilih, misalnya yang menggunakan perpaduan bahan alami menyehatkan seperti tauge, selada, seledri, mentimun, kol, tomat dan telur.
Satu di antaranya dapat dibuat jenis masakan gado-gado yang sudah dikenal berbagai kalangan. Salah satu warga di Sidoluhur Sleman, Sri Sukarelawati pun biasa membuat gado-gado. Adanya sayur tauge yang bisa rutin dikonsumsi, diyakini dapat membantu menghindarkan risiko kanker usus maupun payudara. Selain itu dapat menjaga badan tetap sehat, baik juga rutin dikonsumsi yang sedang terganggu kesehatan dan diharapkan membantu mempercepat kesembuhan.
“Lebih bagus lagi jika taugenya tak perlu dimasak atau cukup mentah sehingga nilai gizi dan khasiat kesehatannya bisa maksimal diperoleh,” jelasnya.

Diyakini pula, dalam tauge terkandung zat-zat yang dapat membantu menjaga serta meningkatkan kepadatan dan susunan tulang. Berperan juga dalam mencegah rapuh tulang atau osteoporosis. Bahkan dengan rutin mengonsumi tauge diyakini dapat membantu kaum perempuan terhindar darigangguan menjelang menstruasi, keluhan semburat panas (hot flashes), pramenopause serta gangguan akibat menopause.

Sedangkan bahan alami wujud selada, antara lain bisa membantu menjaga kesehatan organ jantung. Bahkan bisa berperan menurunkan risiko terkena stroke, penyakit arteri koroner, hingga keluhan kesehatan pada paru-paru. Ditambah lagi, kandungan vitamin A dan C pada selada bisa sebagai sumber antioksidan, bahkan ikut menyehatkan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
“Adanya daun seledri yang bisa rutin dikonsumsi juga bagus untuk kesehatan. Selain cocok dicampurkan di beberapa jenis masakan, bisa juga cukup dijadikan lalapan,” ungkap Sri.

Adapun manfaat atau khasiat kesehatannya antara lain sebagai penggempur nyeri saraf, tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah, menurunkan kolesterol dan hepatitis. Cara menggunakannya dapat menerapkan beberapa resep alami yang juga bisa diperoleh dari berbagai sumber. (Yan)

 

Read previous post:
Ratusan Orang di Gunungkidul Reaktif, Banyak Warga Relakan Rumah untuk Karantina

WONOSARI (MERAPI)– Ratusan warga Gunungkidul diketahui reaktif corona dari hasil rapid test massal yang digelar pemkab. Pemerintah daerah pun mengantisipasi

Close