Daun Gaharu Atasi Sulit Tidur

MERAPI-SULISTYANTO Bagian daun dan kayu gaharu mempunyai manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Bagian daun dan kayu gaharu mempunyai manfaat kesehatan.

SEBAGIAN bahan alami berkhasiat cukup mudah diperoleh di alam, bahkan mudah pula dalam memanfaatkannya. Tak sedikit warga telah merasakan khasiat atau manfaat kesehatannya, lalu ditularkan atau disebarluaskan ke warga lain.

Menurut Andriyani yang tinggal di Sleman, manfaat tanaman gaharu layak juga disebarluaskan. Bagian batang tanaman serta daun-daunnya diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Khususnya kayu gaharu yang sudah tua dapat juga diolah menjadi bahan untuk membuat aromaterapi, bahan parfum serta produk kosmetik herbal. Sedangkan daun-daunnya dapat diolah menjadi teh kesehatan.
“Jadi daun-daun gaharu dapat dijadikan bahan alami minuman kesehatan. Lalu bagian kayu gaharu bisa menjadi bahan membuat parfum, kosmetik sampai aromaterapi. Model aroma terapi, misalnya dengan dibakar sehingga menebarkan aroma khas,” jelasnya.

Ketika dijadikan teh kesehatan, daun gaharu antara lain bisa membantu mengatasi sulit tidur atau insomnia. Bahkan dapat membantu menjaga agar usus tetap sehat. Termasuk juga membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan sakit perut. Teh daun gaharu diyakini pula bisa sebagai musuh hipertensi (tekanan darah tinggi), gangguan pada kulit, ikut menjaga kesehatan paru-paru dan musuh sakit kepala.
“Sebagian penjual tanaman sering ada yang menyediakan bibit tanaman gaharu, lalu bisa ditanam di kebun,” papar Andri.

MERAPI-SULISTYANTO Andriyani.
MERAPI-SULISTYANTO
Andriyani.

Sedangkan beberapa ciri tanaman atau pohon gaharu, antara lain tinggi pohon bisa sampai sekitar 30 meter, jika tak sering dipangkas bagian atas tanaman. Daunnya mempunyai panjang sekitar 5-11 cm dan lebarnya sekitar 2-4 cm. Pemilik nama ilmiah Aquilaria malaccensis ini pun  bisa beradaptasi untuk hidup di berbagai macam habitat, termasuk di habitat berbatu, berpasir sampai dengan berkapur. Gaharu biasanya tumbuh diantara ketinggian 0,850 meter, dengan suhu harian rata-rata 20 sampai 22 derajat celcius. Dengan perawatan yang baik, diharapkan pohon gaharu tak mudah terserang penyakit. (Yan)

 

Read previous post:
Warga Jumo Meninggal karena Covid-19

TEMANGGUNG (MERAPI) - Seorang pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Temanggung, M (80) warga

Close