Kencur Jaga Stamina dan Segarkan Badan

MERAPI-SULISTYANTO  Minuman berbahan kencur dan makanan bergizi mampu mendukung imunitas tubuh serta kesehatan secara umum.
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman berbahan kencur dan makanan bergizi mampu mendukung imunitas tubuh serta kesehatan secara umum.

ANEKA jenis bahan bersifat alami dapat digunakan untuk mendukung kesehatan, baik sebagai ikhtiar melawan maupun mencegah penyakit. Selain ada yang berasal dari satwa, ada pula dari tanaman. Cara pemanfaatannya pun cukup beragam, dari cukup menggunakan piranti tradisional sampai modern.

Rahmat Dwi Hermawan asal Gamping Sleman mengungkapkan beberapa jenis rimpang (empon-empon) dan biji-bijian (kacang-kacangan) bagus untuk kesehatan manusia. Bahkan bisa bagus juga untuk kesehatan satwa, misalnya jenis satwa merpati, burung dan ayam. Sebagai contoh, rimpang kencur dapat dijadikan olahan jenis minuman yang mampu mendukung kesehatan manusia. Sering juga dijadikan jamu untuk satwa, baik model tunggal maupun perlu dikombinasi dengan bahan alami lain.

“Kalau dimuat minuman, antara lain ada jenis minuman beras kencur. Macamnya, bisa berwujud jamu cair, diolah menjadi instan sampai wujud sirup. Cara minumnya, seperti ada yang ditambah es batu, susu kental manis maupun madu murni,” papar Dwi.

Bahkan ada pula herbalis bisa berkreasi mengkombinasi bahan rimpang kencur dengan  ekstrak bawang merah dan kapulaga. Khasiat kesehatannya antara lain  membantu menjaga stamina, menyegarkan badan dan mendukung imunitas tubuh. Asupan seperti ini pun diyakini bisa rutin dikonsumsi, terlebih saat sekarang ada wabah virus Corona atau Covid-19. Lebih bagus lagi juga rutin mengkonsumsi bahan alami bermanfaat lain seperti dari sayur, buah, ikan dan daging. Selain itu asupan berbahan kencur diyakini pula bisa menjadi musuh radang tenggorokan, meredakan serangan batuk serta ikut melegakan tenggorokan.

Ada lagi yang mengkombinasikan ekstrak rimpang kencur sebagai bahan pembuatan kapsul gurah.  Bahan tersebut dipadu juga dengan bahan lain seperti herba srigunggu dan cakar ayam.  Setelah melewati beberapa tahapan proses, lalu dimasukkan dalam cangkang kapsul warna bening, sehingga cara pemanfaatannya bisa lebih efektif. Adapun manfaat kesehatan lain dari herbal berbahan kencur, misalnya ikut berperan mengencerkan dahak, memperlancar peredaran darah, melawan sinusitis, TBC, musuh bronkitis, sesak nafas serta pilek. (Yan)

Read previous post:
MERAPI-ANTARA Kepala Dinsos Gunungkidul Siwi Iriyanti.
Alokasi JPS di Gunungkidul Rp 10,48 M

WONOSARI (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengalokasikan anggaran jaminan perlindungan sosial (JPS) bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 sebesar Rp 10,48

Close