Lancarkan Peredaran Darah dengan Kencur

     MERAPI-SULISTYANTO  Tanaman kencur memiliki manfaat kesehatan dan layak dilestarikan.
MERAPI-SULISTYANTO Tanaman kencur memiliki manfaat kesehatan dan layak dilestarikan.

SEJUMLAH tanda manusia bisa bersahabat dengan alam, misalnya tak menyiak-nyiakan, berusaha melestarikan dan memanfaatkan sebaik mungkin suatu tanaman berkhasiat obat alami. Seiring kemajuan teknologi, cara memanfaatkan tanaman tersebut juga semakin beragam, bahkan diyakini lebih efektif dan efisien pemakaiannya.

Mardiyatmono asal Mlati Sleman menjelaskan, tanaman jenis kencur termasuk juga yang perlu dilestarikan, tak disia-siakan (disepelekan) serta dimanfaatkan sebaik mungkin. Jika ingin dibudidayakan di kebun atau pekarangan rumah, misalnya dapat ditanam di tanah langsung, menggunakan pot, plastik polybag maupun jenis wadah lain. Rimpang kencur pun diyakini banyak manfaat atau khasiat kesehatannya.
“Cara pemanfaatannya dapat model tunggal atau perlu dikombinasi dengan bahan-bahan lain. Salah satu contoh yang model dipadukan, yakni rimpang kencur dan beras, bisa menjadi minuman menyehatkan jenis beras kencur,” ungkapnya.

Ramuan alami berbahan kencur lalu rutin diminum, sebut Mardi, antara lain bisa membantu menghangatkan badan serta memperlancar peredaran darah. Dengan sirkulasi darah yang bagus diharapkan mampu menjaga kesehatan dengan baik. Didukung juga dengan kehangatan tubuh yang terjaga. Tak ketinggalan, ketika ada bahan kencurnya diharapkan ikut berperan menjaga stamina, mengencerkan dahak, musuh sinusitis dan batuk. Diyakini pula bisa membantu meluruhkan angin, sehingga dapat dijadikan serdadu penggempur perut kembung. Tak ketinggalan, bisa ikut menghindarkan sakit kepala, memar, nyeri dada, sakit gigi serta sembelit.

“Cara perbanyakkan kencur menggunakan rimpang yang sudah tua lalu disemai, bisa juga memisahkan bagian anakan dari rumpun kencur. Penanaman dapat di tanah langsung, menggunakan plastik polybag, beberapa wadah lain maupun pot-pot aneka ukuran,” jelasnya.(Yan)


 
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman kencur memiliki manfaat kesehatan dan layak dilestarikan.


 

Read previous post:
TERLEPAS DARI JERATAN JARAN GOYANG (2-HABIS) – Dilawan dengan Tekad, Perbanyak Doa dan Amalan

BAYANG-BAYANG Pak Broto selalu terlintas. Bahkan setiap dia melihat orang lain. Wajah orang itu berubah seperti wajah Pak Broto. Ningsih

Close