Redakan Flu dengan Daun Mint

MERAPI-SULISTYANTO  Tanaman daun mint memiliki khasiat kesehatan, layak dijaga kelestariannya.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman daun mint memiliki khasiat kesehatan, layak dijaga kelestariannya.

TANAMAN daun mint memiliki manfaat cukup beragam. Terutama bagian daun-daunya antara lain dapat sebagai hiasan saat menyajikan beberapa jenis minuman, puding, kue dan pisang goreng keju. Bahkan beberapa jenis masakan cocok diberi tambahan daun mint, sehingga masakan bisa memiliki cita rasa dan aroma khas.

Tak ketinggalan, dengan adanya daun mint akan mampu memberikan manfaat atau khasiat kesehatan tersendiri. Khasiat atau manfaat kesehatannya, antara lain bisa sebagai anti oksidan sehingga dapat membantu mencegah terhindar dari beberapa keluhan kesehatan. Bahan alami ini antara lain bisa membantu meredakan serangan flu sampai batuk-batuk. Bahkan ada yang cocok juga untuk mengatasi perut mual, melawan sakit kepala dan mencegah panas – demam.

Beberapa alasan seperti ini menjadikan Siti Misginah asal Pakuncen Yogya merawat sebaik mungkin beberapa tanaman mint di kompleks tempat tinggalnya. Ketika tidak musim penghujan disiram sehari dua atau satu kali. Selain itu pemupukan secara berkala menggunakan pupuk kandang maupun kompos. Guna membantu mencegah serta mengatasi keluhan kesehatan, cara sederhana memanfaatkan daun mint, ia cukup mencampurkan pada sejumlah masakan seperti sayur tumis maupun ketika membuat masakan mi.

“Cukup dikunyah-kunyah daunnya, dijadikan sebagai lalapan ataupun diseduh dengan air panas termasuk teh atau kopi panas bisa juga,” jelasnya, belum lama ini.

Jika untuk anak-anak atau balita, bisa juga beberapa daun mint direbus atau dicampurkan pada air panas. Bagian muka anak berada di atas wadah daun mint dan air panas tersebut, maka uapnya akan membantu meredakan gangguan kesehatan seperti saat terserang flu. Selain itu beberapa bahan jamu, juga dapat dipadu dengan daun mint, sehingga kian kampiun untuk membantu melawan batuk serta perut mual. Bahkan daun berkhasiat ini bisa membantu mendukung kesegaran nafas serta menjadi musuh bakteri jahat di mulut.

Cara pemanfaatan lain, daun-daun mint segar dapat dibuat teh kesehatan dengan dikeringkan terlebih dahulu. Pemanfaatan daun masih segar, misalnya dipadukan saat minum teh, yakni setiap satu gelas teh panas cukup diberi tiga atau lima lembar daun mint segar. Airnya diminum, lalu bagian daun mint di dalam minuman teh tersebut diambil dapat dikunyah-kunyah dan ditelan. Bahan daun mint selain bisa membeli, lebih hemat lagi jika bisa mempunyai sendiri tanamannya, sehingga sewaktu-waktu menggunakan tinggal memetik daun-daun mint serta menjadi lebih hemat untuk mencegah dan melawan gangguan kesehatan.(Yan)

Read previous post:
Mbah Klantung Penunggu Pohon Manggis

DI DUSUN Jowah ada sebuah pohon manggis yang tumbuh di pekarangan yang sangat luas. Masyarakat sekitar sering mengambil buah manggis

Close