Daun Dadap Musuh Perut Mulas

MERAPI-SULISTYANTO  Daun tanaman dadap mempunyai manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman dadap mempunyai manfaat kesehatan.

KEBERADAAN bahan alami bermanfaat atau berkhasiat bagi kesehatan sudah banyak dikupas berbagai media. Tak sedikit juga warga merasa cocok memanfaatkannya untuk membantu mencegah maupun melawan gangguan kesehatan. Sudah selayaknya jika tanaman berkhasiat tersebut tak diremehkan keberadaannya, syukur dapat dijaga dilestarikan atau dibudidayakan.

Menurut warga Sumberadi Sleman, Rohadi, jenis tanaman dadap memiliki beberapa manfaat kesehatan. Sehingga tanaman ini layak dilestarikan maupun ditanam di kebun-kebun herbal. Daun tanaman ini antara lain bisa digunakan sebagai musuh bebuyutan perut terasa mulas. Caranya, daun dadap dilayukan dahulu di atas api dan beberapa saat kemudian, segera di taruh di atas perut. Bisa juga beberapa helai daun dadap serep dan beberapa lembar daun sosor bebek ditumbuk sambil diberi sedikit air. Hasilnya diborehkan pada perut dan dilakukan secara teratur sampai sembuh. Jika untuk sakit kepala, bisa juga dengan cara serupa, namun diborehkan pada kening.

“Daun dadap yang digunakan sebaiknya jangan yang terlalu tua maupun terlalu muda,” tambahnya.

Pemanfaatan lain tanaman dadap, yakni ketika terserang demam dapat memanfaatkan kulit dan cabang muda tanaman ini. Resep alaminya, bahan diremas dan ditambah sedikit adas dan pulosari lalu diseduh dengan satu gelas air panas. Lalu disaring dan hasil dari ramuan ini diminum dua kali sehari. Dilakukan secara rutin sampai sembuh. Lain halnya jika terpukul sampai bengkak, beberapa helai daun dadap serep ditumbuk lalu diborehkan ke bagian yang bengkak. Cara ini dilakukan sesering mungkin, sehari dapat diganti tiga atau empat kali.

Selain itu ada yang senang memanfaatkan daun-daun dadap yang masih muda digunakan sebagai sayuran. Kandungan nutrisi dan seratnya bisa mendukung kesehatan. Adaun cara perbanyakan tanaman dadap bisa menggunakan biji maupun setek batang. Tanaman ini mampu hidup pada pelbagai keadaan tanah. Namun lebih senang pada tanah sedikit berpasir dan mempunyai drainase yang baik. Bahkan mampu tumbuh baik pada tanah-tanah bergaram serta tanah yang terendam air secara berkala. (Yan)

Read previous post:
Nyaris Digondhol Penghuni Resan

JAM menunjukan pukul 01.00 pagi, Nisa yang barus berusia 5 tahun terbangun dan mendapati ibunya tidak ada. Ayahnya pun juga

Close