Pepaya Organik Bersihkan Usus

MERAPI-SULISTYANTO  Pepaya organik memiliki banyak manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Pepaya organik memiliki banyak manfaat kesehatan.

TANAMAN atau pohon pepaya sudah banyak yang mengenal. Selain memiliki cita rasa khas, daging pepaya juga dipercaya memiliki aneka manfaat atau khasiat kesehatan. Bisa lebih maksimal lagi khasiatnya, jika memilih pepaya organik, sebab dalam budidaya pepaya ini tanpa menggunakan pupuk, pestisida ataupun obat-obat kimia.

“Selain lebih maksimal manfaat kesehatannya, pepaya organik juga terasa lebih manis, lebih tahan lama disimpan dan warna kulitnya jika sudah tua, warna jingganya lebih cerah atau tidak pucat,” papar pelaku jual-beli buah, Bidayah, baru-baru ini.

Ditemui di lokasi usahanya kawasan Jalan Godean Sleman, Bidayah mengungkapkan, pepaya organik disetori salah satu pengepul buah asal Sleman. Baik itu varietas Bangkok maupun California. Meski lebih mahal dibanding yang biasa atau bukan organik, pepaya dua varietas tersebut banyak dicari konsumen. Sebagian di antaranya mengaku bisa membantu mencegah maupun melawan beberapa gangguan kesehatan.

Tak ketinggalan, bagian daging buah pepaya dikenal sebagai buah laksatif, sebab dapat melancarkan buang air besar. Pasalnya, pepaya mengandung serat larut air yang membantu keluarnya tinja ataupun sebagai terapi membantu membersihkan usus. Bahkan kandungan vitamin C antara lain berperan aktif sebagai detoksifikasi (menyingkirkan toksin ditubuh), sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Termasuk juga melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul di pori-pori kulit. Adapun cara mengkonsumsi daging buah ini bisa langsung ataupun diproses menjadi bahan baku produk masker maupun untuk facial

.

“Selain pepaya, daging buah mangga juga enak dimakan dan memiliki manfaat kesehatan,” terangnya.

Manfaat kesehatan, daging buah mangga antara lain sebagai anti oksidan yang bisa mendukung daya tahan atau imunitas tubuh dari beberapa gangguan kesehatan. Pasalnya, dalam daging buah ini mengandung beta-karoten , kalium dan vitamin C. Adanya beta-karoten maupun vitamin C sama-sama bisa memberikan perlindungan terhadap kanker, sebab mampu berperan aktif menetralkan radikal bebas di tubuh. Tak ketinggalan, daging buah mangga juga bisa membantu menyingkirkan influenza. Caranya cukup rutin mengkonsumsi mangga.(Yan)

Read previous post:
MISTERI DUA BANGSAWAN GUNUNG SENTANA (2) – Jenazahnya Ditemukan di Kedhung yang Wingit

Kyai Jagaraga dan Jagaranu ditempukan tewas di tempuran Kali Opak dan Kali Oya. Mereka diduga sebagai bangsawan yang meninggal karena

Close