Berbahan Iles-iles Bantu Sistem Syaraf

     MERAPI-SULISTYANTO  Produk alami berbahan umbi iles-iles dalam kemasan plastik memiliki aneka khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Produk alami berbahan umbi iles-iles dalam kemasan plastik memiliki aneka khasiat kesehatan.

SEBAGIAN jenis umbi-umbian dapat diproses menjadi sejumlah produk alami dan menyehatkan. Ada juga yang dibuat menjadi wujud tepung lalu dijadikan bahan baku membuat aneka produk seperti mi, bahkan wujud butiran-butiran mirip beras.
Satu di antaranya umbi iles-iles dan di kawasan Jawa Timur ternyata ada beberapa produsen mampu mengolahnya menjadi aneka produk dengan cita rasa khas serta menyehatkan. Antara lain wujud mi dan beras dengan warna putih dan memiliki tekstur maupun cita rasa khas setelah dimasak. “Tak kalah penting, banyak nilai gizinya yang dibutuhkan tubuh dan bisa mendukung kesehatan badan,” ungkap Uut Pujiastuti yang tinggal di kawasan Sewon Bantul.

Adapun beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan produk berbahan umbi iles-iles tersebut, misalnya dengan adanya kandungan vitamin B12 dapat membantu memproduksi sel darah merah. Bahkan, vitamin B jenis ini juga berperan dalam memproses vitamin B9 juga menjaga sistem saraf supaya tetap bekerja dengan optimal. Pada orang dewasa, dosis harian vitamin B12 adalah sebesar 1,5 miligram. Sama halnya produk berbahan iles-iles, produk susu, salmon, keju, dan telur juga termasuk makanan sumber vitamin B12.
Dalam olahan umbi iles-iles pun terkandung vitamin B6, antara lain memiliki peran penting untuk produksi hemoglobin yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Bahkan jenis vitamin B ini juga dapat membantu menjaga saluran pencernaan bisa berfungsi baik maupun menjaga fungsi otot. Tak ketinggalan berperan mendukung daya tahan atau imunitas tubuh, sehingga diharapkan mampu menghindarkan dari aneka gangguan kesehatan.
“Olahan berbahan iles-iles juga mengenyangkan, sehingga sering juga digunakan untuk membantu diet pengurangan berat badan berlebih,” terang Uut.

Khasiat atau manfaat kesehatan penting lainnya, misalnya dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu bisa memperlambat pengosongan perut dan mempercepat rasa kenyang, sehingga cocok untuk makanan diet bagi penderita diabetes. Bahkan kandungan seratnya juga bagus untuk kesehatan sistem pencernaan.

Sejumlah sumber, bahkan menyebutkan vitamin A dan B pada iles-iles lebih tinggi dibanding umbi kentang. Vitamin B-nya, selain mampu  mendukung kesehatan saraf juga bisa sebagai sumber energi. Vitamin ini pun bisa berperan untuk memproduksi sekaligus menjaga DNA. Bagi ibu hamil, mengonsumsi makanan kaya vitamin B, antara lain akan menurunkan risiko terjadi kecacatan bayi di dalam kandungan.
“Mengingat ada banyak manfaat dari umbi iles-iles, tanaman jenis ini berusaha dapat dilestarikan dan diperbanyak,” ungkapnya.(Yan)

Read previous post:
Pergerakan Pemudik Belum Terpantau di Terminal Giwangan

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Meskipun di beberapa daerah disinyalir ada pergerakan pemudik dari ibukota, tapi tidak terjadi di Kota Yogyakarta.

Close