Telur Ikan Hindarkan Radikal Bebas di Tubuh

     MERAPI-SULISTYANTO  Telur ikan dikumpulkan, bisa diolah menjadi masakan bergizi dan menyehatkan.
MERAPI-SULISTYANTO
Telur ikan dikumpulkan, bisa diolah menjadi masakan bergizi dan menyehatkan.

BAHAN alami baik berasal dari tumbuhan maupun satwa dapat diolah menjadi asupan bermanfaat dengan cita rasa enak dan bergizi. Ketika bisa rutin dikonsumsi asal tak berlebihan, pada akhirnya akan mendapatkan manfaat atau khasiat kesehatan.

Ardany yang tinggal di kawasan Sedayu Bantul dan memiliki usaha jual-beli ikan mengungkapkan, telur ikan sering ditemukan saat ia menyembelih ikan, misalnya beberapa jenis ikan laut. Sebagian konsumen ada yang biasa memesan khusus telur ikan, sehingga biasa menyendirikan, misalnya ada jenis telur ikan tuna, kakap, kembung, nila dan cakalang.
“Ketika diolah menjadi beberapa masakan, bahkan cukup digoreng, cita rasa telur ikan cukup khas. Gizinya juga banyak dan bagus untuk kesehatan badan,” tandasnya.

Adapun manfaat kesehatan telur ikan, misalnya bisa berperan menghindarkan radikal bebas maupun toksin di tubuh. Bahkan bisa juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, sehingga akan menjadikan stamina, daya tahan tubuh maupun kesehatan secara umum bisa terjaga dengan baik. Masih ditambah lagi cukup kaya kandungan seleniumnya, sehingga dapat membantu mencegah serta melawan kanker dan mencegah kerusakan sel. Tak ketinggalan, mineral selenium pun akan bekerja sama dengan vitamin E dalam melindungi sel dari bahaya radikal bebas.
“Selain itu, sama halnya ketika bisa rutin mengkonsumsi daging ikan, rutin mengkonsumsi olahan telur ikan, asal tak berlebihan juga bagus untuk mencegah penyakit jantung,” papar Ardany.

Adanya kandungan vitamin B12, pada telur ikan antara lain bisa membantu menjaga kesehatan otak, pembentukan sel darah merah serta memaksimalkan fungsi asam lemak dengan baik. Sedangkan kandungan vitamin D dan mineralnya antara lain dibutuhkan agar tulang semakin kuat, kalsium untuk meningkatkan kepadatan tulang serta menghindarkan gangguan kesehatan pada tulang lainnya. (Yan)

Read previous post:
Menemukan Batu Ungu Sawer Wisa

TANPA sengaja Tardi menemukan batu berwarna ungu sebesar telur ayam, penemuannya waktu itu saat bersamaan booming batu akik beberapa tahun

Close