Serai Plus Madu Musuh Maag

MERAPI-SULISTYANTO  Tanaman serai mudah tumbuh di alam dan memiliki khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman serai mudah tumbuh di alam dan memiliki khasiat kesehatan.

SEBAGIAN jenis tanaman yang mudah ditemukan di alam diyakini mempunyai khasiat atau manfaat kesehatan. Tak jarang, setelah banyak yang merasakan manfaatnya lalu dibudidayakan seperti di kebun, pekarangan rumah maupun areal persawahan.

Kuncoro yang tinggal di kawasan Panembahan Yogya mengungkapkan, tanaman yang mudah ditemukan di alam maupun dijual di pasaran, yakni serai juga memiliki aneka khasiat kesehatan. Pemanfaatannya dapat dikombinasi dengan bahan lain, misalnya menjadi bahan baku pembuatan minuman alami menyehatkan serta mudah diterapkan berbagai kalangan.
“Istri saya sendiri sudah membuktikan, ketika bagian bonggol serai digeprek lalu diberi madu murni secukupnya dan diseduh air hangat akan membantu mengatasi serangan maag. Ketika diterapkan orang lain, semoga juga bisa cocok,” ungkap Kuncoro.

Ketika dicampurkan bahan lain, sebutnya, seperti rimpang jahe, minuman berbahan serai dipercaya juga dapat mendukung daya tahan tubuh, menghangatkan badan ataupun memperlancar sirkulasi darah di tubuh. Lain halnya jika digunakan sebagai musuh perut kembung, yakni dapat menerapkan resep tradisional dengan bahan seperti serai, kencur, kapulaga serta cengkih secukupnya. Kencurnya sudah diiris tipis-tipis, baik masih segar ataupun yang sudah dikeringkan. Semua bahan setelh dicuci bersih menggunakan air mengalir lalu direbus dengan satu gelas air. Selanjutnya disaring serta diminum saat  masih hangat. Sehari dapat membuat dan meminum ramuan ini dua kali, sampai keluhan kesehatan tersebut teratasi. (Yan)

Read previous post:
PISAH SAMBUT KAPOLSEK PAKEM- Chandra Lulus Siap Lanjutkan Pendahulunya

PAKEM (MERAPI) - Sejak resmi dilantik menjadi Kapolsek Pakem yang baru, AKP Chandra Lulus Widiantoro, bakal melanjutkan program dari Kompol

Close