Gula Aren Bantu Hindarkan Anemia

MERAPI-SULISTYANTO  Gula aren memiliki cita rasa khas dan berkhasiat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Gula aren memiliki cita rasa khas dan berkhasiat bagi kesehatan.

OLAHAN dengan cita rasa khas dan terbuat dari bahan-bahan alami layak untuk rutin dikonsumsi. Apalagi jika mampu membantu menjaga kesehatan jiwa-raga tanpa rasa khawatir  ada efek samping yang justru merugikan kesehatan.

Suryani pemilik usaha sembako di kawasan Cebongan Sleman mengungkapkan, gula merah yakni jenis gula aren juga diyakini dapat membantu mencegah dan melawan anemia. Cara pemanfaatannya cukup beragam, misalnya untuk campuran minuman, lotis/rujak dan dijadikan bahan baku membuat juruh lalu dikonsumsi bersama jenang ataupun minuman dawet.

“Ketika rutin minuman yang ditambah gula pasir, lalu diganti gula aren antara lain bisa bermanfaat juga untuk membantu mendinginkan perut, bahkan bisa mendukung atau menjaga kesehatan sistem pencernaan secara umum,”  tandasnya.

MERAPI-SULISTYANTO  Suryani.
MERAPI-SULISTYANTO
Suryani.

Selain itu adanya kandungan zat antioksidan dalam gula aren antara lain akan mendukung kekebalan atau daya tahan tubuh dari beberapa gangguan kesehatan. Termasuk pula dapat berperan melawan radikal bebas di dalam tubuh. Ketika dipadu bahan berkhasiat lain, misalnya musuh gangguan ginjal, yakni bisa menggunakan gula aren yang dicampur dengan temulawak, kumis kucing dan meniran. Bahan ini direbus, lalu disaring dan airnya diminum rutin pada pagi serta sore hari. Lain halnya untuk membantu terapi liver, yakni bisa membuat minuman alami menyehatkan, yakni berbahan baku rimpang temulawak dan gula aren, misalnya cukup direbus dan airnya rutin diminum.(Yan)


 

Read previous post:
FH UMY Sumbang Dana ke Masjid Binaan

PAJANGAN (MERAPI) - Memperingati Milad Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FH UMY), segenap sivitas akademika melakukan kegiatan bakti sosial dengan

Close