Singkirkan Kolesterol Jahat dengan Bumbu

MERAPI-SULISTYANTO  Bumbu alami bisa dimanfaatkan di bidang kuliner maupun kesehatan alami.
MERAPI-SULISTYANTO
Bumbu alami bisa dimanfaatkan di bidang kuliner maupun kesehatan alami.

SEBAGIAN jenis bumbu ataupun rempah-rempah banyak dimanfaatkan dalam bidang kuliner sekaligus mempunyai khasiat kesehatan. Artinya juga, khasiat kesehatan dapat diperoleh dari beberapa jenis bumbu. Jadi selain mendukung aroma dan cita rasa suatu masakan atau produk makanan, dapat juga berdampak bagus bagi kesehatan.

Hal ini diyakini juga oleh pemilik kuliner Raja Pepes di kawasan Jalan Godean Sleman, Sidiq S, sehingga faktor bumbu tak dapat disepelekan baik untuk kesehatan maupun cita rasa/aroma masakan. Sebagai contoh bumbu berwujud lombok antara lain dapat membantu menghindarkan risiko terjadinya penggumpalan darah maupun menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh.

“Aneka jenis lombok, seperti lombok rawit, keriting sampai lombok lalap ada manfaat kesehatannya. Asal tak berlebihan dalam memakai ataupun mengkonsumsinya,” tandas Sidiq kepada Merapi.

Adapun khasiat kesehatan lain dari lombok antara lain bermanfaat untuk membantu melancarkan peredaran darah, musuh migrain serta menambah nafsu makan. Tak ketinggalan, bisa berperan membantu menormalkan kembali kaki dan tangan yang lemas, melegakan rasa hidung tersumbat pada sinusitis serta  musuh serangan batuk berdahak.

Lain halnya dengan rempah wujud cengkih antara lain dapat membantu menyingkirkan keluhan sakit gigi, batuk maupun sakit kepala. Cara pemanfaatannya, antara lain dengan mengkombinasikan bahan alami lainnya. Sebagai contoh, yakni cengkih dipadu daun sirih, kemukus dan kapulaga. Bahan-bahan yang sudah dicuci bersih lalu direbus dengan dua gelas air. Setelah tinggal 1,5 gelas diangkat, disaring dan diminum dalam keadaan masih hangat. Lain halnya jika dikombinasi dengan lada, pala dan kayu manis antara lain lebih kampiun untuk membantu menyingkirkan sakit kepala.

Ada lagi bumbu atau rempah jenis ketumbar yang mempunyai aroma harum dan rasa yang hangat serta menyegarkan. Selain digunakan sebagai bumbu masak, ketumbar juga mempunyai khasiat menggempur gangguan pada perut, bermanfaat pada sistem syaraf dan sebagai anti bakteri.  Sedangkan bawang putih mempunyai bau cukup tajam dan pedas rasa, manfaatnya antara lain sebagai peredam hipertensi. Caranya cukup menghaluskan bawang putih lalu diseduh dengan air panas dan diminum dalam keadaan masih hangat. Sebagai musuh cacing gelang, bawang putih diparut dan ditambah air yang telah masak. Segera diminum dalam keadaan hangat, namun terlebih dahulu sudah melewati tahapan penyaringan.(Yan)

Read previous post:
3 Driver Ojol Terima Order Misterius dari Sungai Sempor

TURI (MERAPI)- Selalu ada hal berbau mistis di balik sebuah tragedi. Termasuk tewasnya 10 siswa SMPN 1 Turi saat tengah

Close