Berbahan Secang Bantu Bersihkan Darah

MERAPI-SULISTYANTO  Minuman berbahan kayu secang menyehatkan dan bisa rutin dikonsumsi.
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman berbahan kayu secang menyehatkan dan bisa rutin dikonsumsi.

USAHA menjaga atau mencegah aneka gangguan kesehatan jiwa-raga dapat menerapkan berbagai langkah. Suatu langkah bijaksana jika memilih yang alami dan aman alias tanpa ada efek samping yang justru merugikan kesehatan.

Pemanfaatan kayu secang sebagai bahan membuat minuman alami atau herbal termasuk salah satu pilihan. Selain sebagai bahan membuat minuman alami menyehatkan, kayu secang pun dikenal sebagai pewarna alami baik pada makanan/minuman maupun beberapa jenis kerajinan. Ketika diolah menjadi bahan membuat minuman antara lain akan memberikan nuansa warna merah, bahkan semakin banyak jumlahnya akan semakin memerah.

Menurut warga kawasan. Lendah Kulonprogo, Agus Fathurahman, aneka manfaat atau khasiat kesehatan secang sudah banyak dikupas berbagai media. Satu di antaranya dapat membantu membersih darah, sehingga dengan darah yang bersih di tubuh akan sangat berpengaruh pada kualitas kesehatan manusia.
“Dengan sirkulasi darah yang lancar, ditambah kondisi darah yan bersih akan sangat mendukung kesehatan jiwa raga kita. Salah satu caranya bisa dengan rutin mengkonsumsi minuman alami berbahan kayu secang,” ungkapnya kepada Merapi.
 
Selain itu, minuman berbahan secang diyakini juga dapat berperan membantu mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti muntah darah, disentri, batuk darah, luka dalam, sifilis, malaria, luka berdarah,  tetanus serta malaria.  Bagian tanaman yang biasa dipakai sebagai ramuan alami, yaitu kayunya. Secara garis besar, bagian kayu dipotong-potong dahulu, kulit kayunya dibuang, dipotong-potong kecil lalu dikeringkan.  Hasil akhirnya bisa berwujud serutan kayu, digiling sampai akhirnya wujud bubuk/serbuk , dibuat minuman instan maupun minuman cair dengan bahan baku secang dan tambahan bahan berkhasiat lain.

MERAPI-SULISTYANTO  Agus Fathurahman.
MERAPI-SULISTYANTO
Agus Fathurahman.

“Ketika dibuat minuman herbal, biasa juga dipadu dengan sejumlah rempah alami. Selain menjadikan tampilan dan citarasanya unik, juga diyakini semakin bermanfaat bagi kesehatan,” tandas Agus.
Adapun khasiat atau manfaat kesehatan lainnya dari secang, antara lain membantu menjaga kesehatan sistim pernapasan,diare serta berak darah. Untuk membantu melawan berak darah, yakni bisa menggunakan kayu secang seukuran satu jari dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Setelah itu direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa separohnya. Dalam keadaan masih hangat, disaring, ditambah madu murni secukupnya dan diminum. Sehari bisa rutin minum dua atau tiga kali.

Lain halnya jika sebagai penggempur serangan diare, yaitu bisa menggunakan lima gram serutan kayu secang yang sudah dicuci bersih. Bahan ini lalu direbus dengan dua gelas air bersih selama kisaran 15 menit. Setelah dingin disaring serta dibagi menjadi dua bagian, lalu diminum saat masih hangat. Dengan langkah sederhana seperti ini diharapkan mampu membantu mempercepat sembuhnya gangguan kesehatan, tanpa perlu biaya mahal maupun efek samping yang justru merugikan kesehatan badan. (Yan)

Read previous post:
MERAPI-HUMAS SLEMAN Bupati Sleman meresmikan Sekretariat Bersama Relawan Sembada Sleman.
Sekber Relawan Sembada Diresmikan

SLEMAN (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Dinas Sosial DIY, menyelenggarakan Sosialisasi Restorasi Sosial sekaligus

Close