Percepat Sembuhnya Luka dengan Gurami

MERAPI-SULISTYANTO  Gurami bisa dicampurkan ikan lain di kolam, jika diolah punya gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Gurami bisa dicampurkan ikan lain di kolam, jika diolah punya gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan.

KAMPANYE hidup hemat di berbagai bidang penting terus digelorakan. Termasuk juga di bidang kesehatan, sehingga upaya meraih sehat baik dalam usaha mencegah serta mengatasi keluhan kesehatan diharapkan tak banyak menghabiskan biaya. Pemanfaatan bahan-bahan alami berkhasiat, baik dari tumbuhan maupun satwa termasuk langkah hemat dan efisien. Sebagian tumbuhan yang hidup di alam bebas ataupun sudah ditanam di pekarangan/kebun herbal diyakini dapat membantu meraih sehat secara alami.

Warga Banguntapan Bantul Harjo Wiyono menjelaskan, rutin mengkonsumsi beberapa olahan ikan air tawar maupun laut juga dipercaya dapat membantu meraih sehat secara alami. Satu di antaranya olahan ikan gurami yang cukup populer di masyarakat, sebab selain memiliki tekstur daging khas, juga lezat bergizi dan mampu mendukung kesehatan badan.

“Aneka olahan ikan gurami, bahkan cukup digoreng disenangi berbagai kalangan. Gizi dan khasiat kesehatannya sudah banyak dikupas juga berbagai media massa,” urai Harjo.

MERAPI-SULISTYANTO  Harjo Wiyono.
MERAPI-SULISTYANTO
Harjo Wiyono.

Ketika seseorang terluka sampai berdarah, misalnya karena jatuh, kena pisau dan sebagainya tubuh sangat membutuhkan sistem pembekuan darah. Dalam daging gurami diyakini mengandung zat yang bisa membantu pembentukan jaringan baru, sehingga segera menggantikan jaringan yang rusak. Dengan kata lain, kesembuhan dari luka bisa semakin cepat.

Tak ketinggalan, olahan daging gurami juga bisa mencegah penyakit degeneratif, misalnya hipertensi, kanker dan jantung koroner. , tekanan darah tinggi dan kanker. Pemicu gangguan kesehatan ini antara lain karena penumpukan kolesterol jahat di tubuh. Sedangkan daging gurami memiliki nutrisi tinggi seperti protein, namun memiliki kandungan kolesterol yang rendah. Artinya juga akan membantu mencegah penyakit degeneratif, bukan sebagai pemicunya. (Yan)

Read previous post:
Daun Duwet Bantu Stop Diare

TANAMAN bermanfaat bagi kesehatan beragam jenisnya. Sebagian cocok ditanam di halaman atau pekarangan rumah. Sewaktu-waktu akan dibutuhkan untuk membantu melawan

Close