Wader Sebagai Antivirus dan Antibakteri

MERAPI-SULISTYANTO  Olahan wader seperti dibuat krispi bagus untuk kesehatan dan bisa dikemas semenarik mungkin.
MERAPI-SULISTYANTO
Olahan wader seperti dibuat krispi bagus untuk kesehatan dan bisa dikemas semenarik mungkin.

PERNAH melihat atau mengkonsumsi olahan ikan wader? Jenis ikan air tawar dengan ukuran kecil ini antara dapat diolah menjadi goreng biasa, krispi, bahan rempeyek sampai sambal wader.  Selain memiliki cita rasa gurih, jenis ikan  wader juga mempunyai kandungan gizi serta bermanfaat bagi kesehatan. Sejumlah alasan ini menjadikan Ny S. Junus asal Kasihan Bantul mantap mengolah wader menjadi olahan jenis krispi. Ada juga ikan lele yang juga dipercaya banyak kandungan gizi serta manfaat kesehatan. Terutama kandungan protein pada kedua jenis ikan tersebut cukup tinggi dan dibutuhkan untuk mendukung kesehatan badan. “Kandungan protein pada ikan wader dan lele antara lain mampu mendukung daya tahan tubuh, sehingga tak mudah terserang gangguan kesehatan,” ungkapnya.

Dengan tingkat kekebalan atau imunitas tubuh yang tinggi dan bagus antara lain bisa berperan dalam mencegah maupun membantu mempercepat sembuhnya gangguan kesehatan akibat virus dan bakteri, sehingga bisa disebut juga sebagai anti virus dan anti bakteri. Sedangkan kandungan asam lemak omega 3 seperti pada jenis ikan lainya, juga berdampak bagus bagi kesehatan. Asam lemak omega 3 sangat bermanfaat bagi kesehatan, terlebih pada masa anak-anak antara lain sebagai peningkatkan fungsi saraf dan perkembangan saraf pada anak.

Ada lagi kandungan zat besinya, mempunyai manfaat antara lain sangat baik untuk masa pertumbuhan tulang dan menjaga tulang dari berbagai jenis ganguan seperti terjadinya pengeroposan tulang atau yang bisa disebut sebagai osteoporosis. Salah satu cara mencegahnya, yakni rutin memakan ikan ataupun olahan jenis wader dan lele, misalnya jenis cethul dan wader. “Kandungan lemak pada wader bukan lemak jahat. Bahkan rutin mengkonsumsi olahan wader dapat membantu melawan kolesterol jahat,”tandasnya.

Adapun olahan ikan lele, apalagi dikombinasi dengan rempah-rempah antara lain dapat membantu melancarkan peredaran darah bahan alami tersebut diyakini mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan, misalnya membantu melancarkan peredaran / sirkulasi darah, menambah nafsu makan dan  bagus untuk menjaga kesehatan otot-otot perut maupun fungsi sistem pencernaan. Bahkan ikan lele diyakini pula dapat membantu mencegah gangguan kesehatan seperti kencing manis, ambien, hepatitis dan eksim. Apalagi jika jenis lele lokal, hanya saja sekarang ini kian sulit menemukan lele lokal. “Olahan wader dan lele yang bagus bagi kesehatan, layak dikemas dengan kemasan menarik dan tak cepat rusak,” ungkap Ny S Junus.(Yan)

Read previous post:
MERAPI-ANTARA Bambang Wisnu Broto.
DINAS PERTANIAN GUNUNGKIDUL: Tercatat 168 Hewan Ternak Mati

WONOSARI (MERAPI) - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, mencatat dari Desember 2019 hingga Selasa (11/2) Februari 2020, ada 168

Close