Jamur Merang Hindarkan Gangguan Pencernaan

MERAPI-SULISTYANTO  Olahan jamur merang dicampurkan pada masakan mi dan bisa mendukung kesehatan badan.
MERAPI-SULISTYANTO
Olahan jamur merang dicampurkan pada masakan mi dan bisa mendukung kesehatan badan.

USAHA meraih sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan beberapa langkah sederhana, hemat atau efisien bisa diterapkan siapa saja. Termasuk di antaranya rutin mengkonsumsi asupan yang mengandung banyak nilai gizi dan bermanfaat bagi kesehatan. Seperti dijelaskan pemilik usaha kuliner Oishi Numani di kawasan Argomulyo Sedayu Bantul, drg Reni S, beberapa jenis jamur konsumsi seperti jamur merang dan kuping banyak diyakini mempunyai kandungan gizi tinggi. Selain itu mampu mendukung kesehatan badan. Sehingga pihaknya, antara lain mengolah jamur merang untuk dicampurkan pada masakan mi ayam. Ada lagi jamur kuping dicampurkan pada masakan ramen. “Selain jamur kuping, pada menu ramen masih ditambah juga dengan sayur sawi, wortel dan jagung. Bahan-bahan ini bagus untuk kesehatan badan,” ungkapnya.

Wanita ramah yang bertugas di Puskesmas kawasan Sedayu ini menjelaskan, bahan baku jamur konsumsi diperoleh langsung dari petani atau pembudidaya jamur.  Tak sedikit sumber menyebutkan juga jika jamur merang cocok diolah menjadi beberapa masakan lezat dengan cita rasa khas.  Selain itu dapat dicampurkan dengan menu atau masakan dengan bahan baku. Di dalam jamur merang antara lain terkandung suatu zat yang diyakini mempunyai kemampuan dalam menawarkan toksin atau racun di dalam tubuh. Jamur merang pun dipercaya sebagai sumber dari enzim yang cukup baik. Salah satu enzim yang terdapat dalam jamur ini adalah tripsin antara lain bermanfaat mendukung kesehatan sistim  pencernaan.
“Aneka jamur konsumsi juga mengandung serat, sehingga juga bermanfaat mendukung kesehatan sistem pencernaan di tubuh,” jelasnya.

MERAPI-SULISTYANTO  Drg Reni S.
MERAPI-SULISTYANTO
Drg Reni S.

Bahkan ada pula yang meyakini rutin mengkonsumsi olahan jamur merang antara lain bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kanker. Adanya kandungan protein di dalam jamur konsumsi juga dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Lalu kandungan mineralnya seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium serta zat besi bisa berperan menjaga daya tahan atau imunitas tubuh. Tak ketinggalan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Adapun manfaat kesehatan jamur kuping, antara lain dapat membantu menetralkan racun atau toksin di tubuh. Bahkan berperan dalam usaha melawan kolesterol jahat serta menjadikan sirkulasi darah lebih bebas bergerak dalam pembuluh jantung. Tak ketinggalan dapat sebagai anti hipertensi, anti virus dan anti tumor. Ketika dikeringkan jamur ini akan menyusut dan mengeriput. Jika akan disayur, jamur kuping kering dimasukkan ke dalam air panas dahulu, sehingga bisa mekar dan lunak lagi. Ketika rutin mengkonsumsi olahan jamur kuping, diharapkan kesehatan badan terjaga sampai akhir hayat. (Yan)


 

Read previous post:
MERAPI-ANTARA Bupati Gunungkidul membuka bumi perkemahan di Desa Bejiharjo.
Bumi Perkemahan Bejiharjo Dukung Wisata

KARANGMOJO (MERAPI) - Pemerintah Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, membuka wahana bumi perkemahan dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata

Close