Teh Plus Jeruk Sebagai Antioksidan

MERAPI-SULISTYANTO  Minuman teh dipadu jeruk peras mampu mendukung kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman teh dipadu jeruk peras mampu mendukung kesehatan.

ASUPAN menyehatkan baik berupa makanan maupun minuman beragam jenisnya. Sebagian bahan asupan tersebut sudah dikenal berbagai kalangan. Apalagi selain bergizi juga memiliki beberapa khasiat kesehatan.

Menurut pemilik kuliner Kangmuss di kawasan Jalan Godean Sleman, Novario Ardian, minuman berbahan teh sudah dikenal berbagai kalangan. Minuman ini pun diyakini ada manfaat kesehatannya, apalagi ditambah jeruk, misalnya jeruk nipis, lemon tea maupun jeruk peras. Minuman seperti ini selain memiliki cita rasa khas, juga berkhasiat.

“Daun teh termasuk jenis bahan alami bermanfaat bagi kesehatan. Jika sudah diolah menjadi daun kering atau siap seduh bisa mempunyai aroma khas. Baik digunakan secara tunggal atau dipadu bahan alami lain akan mendukung kesehatan badan. Apalagi dipadu dengan jeruk yang juga memiliki banyak vitamin,” ungkap Rio, sapaan akrab Novario.

MERAPI-SULISTYANTO  Novario Ardian.
MERAPI-SULISTYANTO
Novario Ardian.

Adanya kandungan mineral kalium dalam teh, antara lain dapat membantu mengurangi atau mencegah risiko hipertensi atau darah tinggi. Ada lagi kandungan alkoloid bisa membantu melawan sakit kepala atau migrain. Selain itu serat dalam teh diyakini juga bisa menyerap cairan berlebih, sehingga dapat membantu mengatasi diare, misalnya dibuat teh tubruk, dibuat lebih kental, bahkan sedikit ampasnya termakan tak masalah.

Tak kalah penting, daun teh merupakan sumber alami kafein dan anti oksidan. Sebagai sumber anti oksidan antara lain dapat mendukung kekebalan tubuh dari gangguan kesehatan. Adapun kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Lalu adanya tambahan irisan jeruk menjadikan minuman teh kian bermanfaat bagi kesehatan. (Yan)

Read previous post:
Diinterogasi Bos

MESKI dengan pikiran tidak tenang, Kirno mencoba untuk berkonsentrasi dengan pekerjaannya. Saat teman-temannya sudah mulai berdatangan, hati Kirno agak bisa

Close