Susu Sapi dan Telang Singkirkan Toksin

MERAPI-SULISTYANTO  Minuman menyehatkan berbahan susu sapi dan bunga telang layak rutin dikonsumsi.
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman menyehatkan berbahan susu sapi dan bunga telang layak rutin dikonsumsi.

KOMBINASI bahan-bahan alami, selain mampu memberikan citarasa unik serta enak juga ada khasiat kesehatannya. Sebagai contoh minuman sehat berbahan susu sapi, bunga telang, selasih serta nata de coco. Ada lagi minuman perpaduan bahan alami bunga telang dengan stroberi,  lemon dan rosela.
Jenis minuman menyehatkan seperti ini antara lain dapat ditemukan di kuliner Erista Exotarium kompleks kebun binatang mini Jogja Exotarium (JE) Sleman.  Bahkan Direktur JE Sleman, drh Akbar Taruna biasa rutin minum jenis minuman kesehatan tersebut.  Ketika ada bahan susu sapi antara lain mempunyai manfaat kesehatan, seperti melancarkan sistim pencernaan, mengurangi panas dalam dan menjaga  stamina badan.

“Kandungan kalsium pada susu sapi juga mampu mendukung kesehatan, karena ketika kekurangan kalsium antara lain berpengaruh pada beberapa gangguan kesehatan tulang,” jelasnya kepada Merapi.

Tak kalah penting,  susu sapi juga dapat membantu  menjaga  kesehatan paru-paru. Bahkan berperan juga dalam menyingkirkan atau membersihkan tubuh dari toksin di tubuh, misalnya  logam, timah dan cadmium dari bahan-bahan makanan yang mengandung pewarna sampai pengawet sintetis.  Selain itu susu sapi juga bisa membantu mempercepat sembuhnya luka, musuh insomnia (sulit tidur) dan menjaga kesehatan mata serta kulit.

Olahan dari kelopak bunga telang, yakni menghasilkan sari bunga telang dapat dikombinasikan pada minuman tersebut. Selain menghasilkan warna biru yang unik, diyakini pula mempunyai aneka manfaat kesehatan, antara lain juga dapat membantu menyingkirkan toksin di tubuh. Bahkan bisa sebagai anti oksidan yang dapat memperkuat daya tahan atau imunitas tubuh. Tak ketinggalan, dapat membantu membersihkan darah dan sebagai musuh bronkitis.
“Kelopak bunga telang bisa mudah diperoleh, selain dengan menanam sendiri, kelopak bunga telang termasuk sudah dikeringkan bisa dibeli di pasaran, bahkan ada yang menjual secara online,” ungkap Akbar.

Adapun bahan alami wujud biji selasih, misalnya diyakini memiliki khasiat sebagai anti biotik yang mampu melawan bakteri jahat di tubuh. Rutin mengkonsumsi asupan berbahan selasih dapat juga membantu menjaga kesehatan kulit seperti mencegah penunaan dini serta musuh jerawat.(Yan)


 

Read previous post:
Talud dengan Anggaran Rp 1,4 M, Diresmikan 3 Hari Sudah Ambrol

SEWON (MERAPI) - Talud Jembatan Jarakan yang menghubungkan Desa Panggungharjo dan Pendowoharjo Kecamatan Sewon ambrol, Selasa (7/1) pagi. Padahal talud

Close