Telang Singkirkan Toksin di Sistem Pencernaan

MERAPI-SULISTYANTO  Minuman berbahan bunga telang dan jeruk nipis bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman berbahan bunga telang dan jeruk nipis bermanfaat bagi kesehatan.

ANEKA jenis makanan serta minuman berbahan alami mempunyai cita rasa enak dan banyak gizinya. Bukan hal aneh, jika akhirnya bisa rutin dikonsumsi berbagai kalangan, pasalnya dapat mendukung kesehatan secara alami dan tak membutuhkan banyak biaya.

Menurut salah satu pengurus Pasar Konsumen Cerdas (Koncer) Yogya B. Wida Putriatama, minuman menggunakan bahan alami bunga telang maupun jeruk nipis memiliki beberapa khasiat kesehatan. Pemanfaatan kedua bahan alami berkhasiat ini sudah lama diterapkan sebagian warga.Khususnya bunga atau kembang telang mempunyai khasiat kesehatan, terutama bagian bunga, daun serta akar.
“Bagian bunga telang dapat dibuat semacam teh kesehatan dengan dikeringkan dahulu. Bisa juga menerapkan cara-cara lain untuk memperoleh khasiat kesehatan bunga telang,” jelasnya.

Dengan rutin mengkonsumsi minuman berbahan bunga telang, antara lain bisa sebagai detoksifikasi atau membantu menyingkirkan racun-racun (toksin) yang terdapat dalam sistem pencernaan. Resep sederhana  yang bisa diterapkan berbagai kalangan, misalnya cukup menyeduh teh kembang telang sebanyak tiga kuntum dengan air panas, lalu dibiarkan sekitar 10 menit.  Sebelum diminum dapat ditambah perasan jeruk nipis ataupun lemon dan madu asli.  Minuman seperti ini bagus pula untuk membantu menjaga kesehatan syaraf.

MERAPI-SULISTYANTO  B. Wida Putriatama.
MERAPI-SULISTYANTO
B. Wida Putriatama.

Selain itu minuman menyehatkan berbahan tanaman  bunga telang antara lain bisa bermanfaat melawan  demam dan banyak dahak karena bronchitis. Resepnya, yakni cukup dengan merebus 0,3 gram akar kembang telang kering dengan empat gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum dua kali sehari masing-masing  satu gelas, bahkan bisa ditambah bunga kembang telang yang sudah dikeringkan.

“Yang berbahan jeruk nipis pun diyakini ada banyak manfaat kesehatannya. Apalagi panenan jeruk nipisnya berasal dari tanaman yang dibudidayakan secara organik, tanpa pestisida serta pupuk kimia,” tandasnya. (Yan)

Read previous post:
Diajak Dolan di Pohon Bulu

KETIKA berusia 10 tahunan, Gimin yang pendiam dan senang menyendiri itu menurut cerita tetangga-tetangga sedesanya pernah diajak dolan penunggu pohon

Close