Berbahan Kentang Dukung Imunitas Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO  Kreasi makanan berbahan kentang selain enak dan bergizi juga bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Kreasi makanan berbahan kentang selain enak dan bergizi juga bermanfaat bagi kesehatan.

BAGIAN tanaman berkhasiat sudah banyak digunakan untuk membantu mendukung kesehatan. Antara lain bagian daun, buah, bunga, kulit batang, akar dan umbinya. Ketika mampu memberi manfaat termasuk di bidang kesehatan, sudah selayaknya jangan diremehkan.

Menurut Sri Sofi Hidayati asal Sleman, umbi kentang ada beberapa manfaat kesehatannya. Termasuk ketika sudah diolah menjadi beberapa jenis makanan atau asupan. Alhasil, keberadaan kentang tak bisa diremehkan. Pemanfaatan kesehatannya, yakni bisa membantu mengatasi keluhan gangguan kesehatan dalam badan maupun luar badan (kulit). Kandungan vitamin C dalam kentang, antara lain bermanfaat sebagai anti oksidan yang ampuh untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh serta mencegah timbulnya beberapa keluhan kesehatan atau mendukung imunitas tubuh.

“Cara pemanfaatan umbi kentang, misalnya dicampurkan pada masakan sayur dengan dipadu beberapa bumbu alami maupun jenis sayur lain. Bahkan bisa dijadikan bahan baku ataupun bahan tambahan untuk pembuatan beberapa jenis makanan menyehatkan,” ungkapnya.

MERAPI-SULISTYANTO  Sri Sofi Hidayati.
MERAPI-SULISTYANTO
Sri Sofi Hidayati.

Tak ketinggalan dengan rutin mengkonsumsi kentang diyakini mampu membantu meredam gangguan atau keluhan pada lambung, ginjal serta asam urat. Selain itu berperan dalam meremajakan sel dan mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh. Ada lagi jenis vitamin pada kentang yang berperan dalam sintesis dan metabolisme protein. Lain halnya jika untuk perawatan wajah, misalnya sebagai pembersih wajah cukup menggunakan kentang mentah masih segar. Bahan umbi kentang dapat diparut dahulu dan dicampur dengan parutan mentimun. Jika dilakukan secara rutin atau teratur semoga akan cepat terasa hasilnya.

“Kreasi pemanfaatan kentang baik untuk rutin dikonsumsi maupun perawatan kulit dapat juga dipelajari lewat internet,” tandasnya. (Yan)

Read previous post:
Kelapa Sehatkan Sistem Pencernaan di Tubuh

TANAMAN atau pohon kelapa sudah tak asing lagi di masyarakat. Aneka bagian dari tanaman ini mempunyai berbagai manfaat kesehatan, sehingga

Close