Daun Pachira Tambah Sel Darah Merah

MERAPI-SULISTYANTO  Daun tanaman pachira mempunyai khasiat obat alami.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman pachira mempunyai khasiat obat alami.

 
SEBAGIAN jenis tanaman berkhasiat obat mudah diperbanyak, sehingga jual beli bibit tanaman ini mudah ditemukan. Antara lain perbanyakan dari biji, cangkok maupun setek batang.

Jenis tanaman pachira dengan nama ilmiah Pachira aquatika termasuk di antaranya. Selain sebagai tanaman obat, pachira juga sering difungsikan sebagai tanaman peneduh maupun hias. Bahkan ada juga yang menjadikan sebagai tanaman bonsai, ada lagi yang model saling dililitkan atau dikepang sejak masih bibit, misalnya dua sampai lima tanaman.

Bagian yang berkhasiat dari tanaman ini, misalnya daun-daun tanaman pachira yang sudah tua, antara lain diyakini dapat dibuat sebagai bahan teh yang dapat merangsang pertambahan sel darah merah. Bahkan ikut membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Lain halnya jika digunakan untuk membantu menghilangkan rasa sakit pada ginjal, yakni bisa dengan memotong satu biji pacira dalam empat bagian, dicuci dan direbus dengan air sebanyak satu cangkir selama lima menit. Hasil perebusan diminum sebelum makan pagi selama tiga hari berturut-turut.

Saat berada di alam, pohon pachira tingginya dapat mencapai sekitar 10 meter. Cara perbanyakan tanaman antara lain bisa dengan bagian biji dan setek batang. Ketika sudah berbuah, bagian biji dari tanaman pachira dapat digoreng. Bagi penggemar kacang-kacangan, biji pachira goreng, cita rasanya tak jauh beda dengan kacang tanah, macadamia maupun kacang mete.

Olahan biji pachira dapat dikonsumsi rutin akan bisa mendukung kesehatan badan. Beberapa sumber menyebutkan, manfaat kesehatannya antara lain bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Selain berperan menjaga kesehatan jantung termasuk mencegah jantung berdebar, kacang dari biji pachira pun diyakini bisa membantu menyingkirkan toksin atau racun di tubuh. Toksin antara lain dipicu oleh adanya polusi udara serta bahan-bahan pengawet, pemanis, pewarna sintetis pada makanan dan minuman.

Selain daun pachira, daun sirsak juga diyakini berkhasiat, misalnya  membantu mengatasi asam urat. Caranya, daun sirsak 10 lembar yang tak terlalu tua maupun terlalu muda dicampur ke dalam tiga gelas air. Lalu direbus terus sampai menguap dan air tinggal satu gelas. Air yang tinggal satu gelas diminum, dua atau tiga kali dalam sehari. Secara modern pemanfaatan daun sirsak sebagai obat alami antara lain dibuat menjadi wujud kapsul serta teh celup. Khasiat lainnya seperti musuh  sakit pinggang, ambeien, darah tinggi (hipertensi) dan anyang-anyangen(Yan)

Read previous post:
YOGYA BERLAKUKAN PERDA KETERTIBAN UMUM-Pelanggar Terancam Denda di Tempat

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) - Masyarakat yang melanggar Peraturan Daerah Nomor 15 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat,

Close