Kopi Hindarkan Risiko Diabetes

     MERAPI-SULISTYANTO  Manfaat kesehatan kopi asli dapat disosialisasikan lewat bazaar.
MERAPI-SULISTYANTO
Manfaat kesehatan kopi asli dapat disosialisasikan lewat bazaar.


PENGGEMAR minuman kopi sangat mudah ditemukan. Ketika datang ke beberapa warung kopi, tak jarang konsumen memilih kopi masih biji. Selanjutnya digiling dengan alat khusus serta disajikan dengan gula terpisah maupun tanpa gula.

“Penggemar kopi tak sedikit yang merasa mantap minum kopi tanpa gula, bahkan sudah menyadari manfaat kesehatan dari kopi asli. Lain halnya kalau beli kopi bubuk buatan pabrik, belum tentu 100 persen berasal dari kopi asli,” ungkap pelaku jual-beli kopi, Faqiha Asyikin, belum lama ini.

Ditemui di suatu even bazaar, Faqiha menjelaskan, berbagai sumber sudah banyak yang mengupas tentang khasiat atau manfaat kesehatan kopi asli. Sehingga disarankan untuk bisa rutin minum kopi asli, tanpa perlu diberi gula. Kalau ingin ada sedikit rasa manis, bisa ditambah pemanis dari madu murni maupun yang terbuat dari daun stevia. Manfaatnya, antara lain dapat membantu menghindarkan risiko diabetes.

“Selain itu masih ada banyak manfaat kesehatan lain dari kopi asli dengan rutin dikonsumsi, tapi jangan berlebihan,” tandasnya.

Sedangkan manfaat kesehatan lainnya seperti berperan dalam usaha mencegah atau menghindarkan serangan kanker, menjaga kesehatan mulut dan meningkatkan stamina. Bahkan diyakini pula dapat membantu mencegah penyakit syaraf, karena kandungan anti oksidan dalam kopi akan membantu mencegah kerusakan sel, misalnya yang berhubungan dengan parkinson. Sedangkan kafein dapat berfungsi menghambat peradangan dalam otak. Bahkan berperan dalam membantu mencegah batu empedu. Diyakini pula mampu membantu melindungi gigi. Pasalnya, kopi yang mengandung kafein juga memiliki kemampuan anti bakteri, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang yang menggerogoti lapisan gigi. Tak ketinggalan, dengan rutin meminum kopi secangkir setiap hari dapat mencegah risiko serangan kanker mulut.

Ditambahkan, kopi sudah wujud bubuk maupun ampas kopi bisa dijadikan bahan alami berkhasiat untuk luar badan. Antara lain dengan dipadu madu murni lalu dioleskan pada bagian kulit antara lain membantu mencegah maupun mengurangi kerutan pada kulit. Tak ketinggalan, bisa menurunkan risiko kanker kulit, mengurangi selulit, melembabkan, menghilangkan sel kulit mati, menghaluskan kulit, mencegah jerawat dan memberikan nutrisi pada kulit. Adapun cara alami untuk melawan selulit, yakni dengan menyampurkan ampas kopi dengan madu asli secukupnya serta minyak zaitun. Hasilnya dioleskan ke bagian selulit, dibungkus plastik, lalu didiamkan selama lima menit dan dibasuh dengan air bersih. (Yan)

Read previous post:
RSUD Sleman Luncurkan Smart Hospital

SLEMAN (MERAPI) - Predikat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman sebagai Smart Hospital diluncurkan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo. Peluncuran

Close