Berbahan Blewah Jaga Fungsi Ginjal

MERAPI-SULISTYANTO  Minuman berbahan blewah dan tape singkong bisa mendukung kesehatan badan.

MERAPI-SULISTYANTO
Minuman berbahan blewah dan tape singkong bisa mendukung kesehatan badan.


BAGIAN dari suatu tumbuhan berkhasiat banyak diyakini dapat mendukung kesehatan, baik untuk mencegah maupun melawan penyakit. Penggunaannya bisa secara tunggal atau perlu dikombinasi dengan bahan alami lain. Ketika bersifat alami, dapat rutin dikonsumsi serta diyakini tak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan.

Perpaduan asam Jawa dengan gula merah lebih bagus lagi gula aren diyakini banyak orang memiliki aneka manfaat kesehatan. Prasetya Arif pemilik angkringan Kang Pras menyebutkan beberapa bahan alami seperti blewah, stroberi, durian dan leci dikenal mempunyai cita rasa khas. Ketika dibuat menjadi suatu minuman, bahkan dikombinasi dengan bahan lain seperti susu  sapi dan tape singkong akan memiliki cita rasa enak dan unik.

“Tidak kalah penting, tetap mempunyai nilai gizi dan bermanfaat bagi kesehatan badan,” tegas Pras.

Ditemui di lokasi usahanya kawasan Ngentak Moyudan Sleman, sulung dari dua bersaudara ini menjelaskan, bahan alami jenis blewah diyakini juga memiliki kesegaran tersendiri. Bahkan pemanfatannya seperti untuk campuran es buah atau jenis minuman segar lain cukup tinggi. Apalagi saat Ramadan, banyak dicari masyarakat dan cocok dijadikan untuk campuran minuman saat berbuka puasa.

Beberapa kandungan senyawa dalam blewah antara lain bisa sebagai peluruh urine, penurun panas tubuh dan panas dalam. Kombinasi kalium dan senyawa aktif mampu menjaga sekaligus meningkatkan fungsi ginjal dan limpa.  Sehingga cocok juga untuk rutin dikonsumsi para pengidap gangguan kesehatan pada ginjal. Sedangkan kandungan airnya pada blewah, antara lain cocok digunakan untuk mengganti cairan tubuh agar tubuh tetap terjaga kesehatanya secara alami.

MERAPI-SULISTYANTO  Prasetya Arif.
MERAPI-SULISTYANTO
Prasetya Arif.

Kandungan gizi dalam blewah, misalnya vitamin A dan C-nya bisa berperan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh. Khasiatnya, seperti bisa menyehatkan fungsi ginjal dan limpa serta menurunkan tekanan darah.  Selain itu dengan mengonsumsi sepotong blewah ukuran sedang 100 gram sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian kita.  Bahkan, blewah juga kaya akan vitamin A, sehingga bisa juga dengan memblender blewah bersama bijinya  dan akan menghasilkan jus blewah yang kaya vitamin sekaligus anti oksidan.

“Campuran dari minuman ini, seperti tape singkong juga ada manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan umbi singkong sebagai bahan alami untuk membuat tape singkong dapat juga dicek-cek di internet,” terangnya. (Yan)

Read previous post:
ilustrasi
Membahagiakan Pacar

BANYAK cara dilakukan orang untuk membahagiakan pacarnya. Sayangnya, yang dilakukan HS (28) warga Kebumen Jateng untuk membahagiakan pacarnya keliru dan

Close