Kodim Sleman Gelar Pengobatan Lansia

GUNA menumbuhkan kepedulian terhadap kesehatan, khususnya para kaum lanjut usia (Lansia), Kodim 0732/Sleman menggelar posyandu lansia dengan pengobatan gratis di Desa Ngentak, Pondok Rejo, Tempel, Sleman, Kamis (14/11/2019). 

Kegiatan pengobatan yang merupakan program dari pembinaan teritorial (Binter) tersebut dilaksanakan dengan melakukan pengecekan kesehatan lansia, senam lansia serta sosialisasi penyakit degenerative pada lansia. Penyuluhan terkait kesehatan tersbut disampaikan oleh dr Agus Susanto dari Puskesmas Tempel. Sedangkan tim kesehatan dari Kodim Sleman yang dipimpin Serma Cecep. 

Dalam kegiatan Binter kali ini cek kesehatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Tempel dan posyansia Dusun Ngentak RT 4/02 Pondok Rejo. Masing-masing pelayanan pengecekan kesehatan yang diberikan kepada para lansia adalah cek gula darah, tekanan darah, berat badan, dan juga pemberian obat untuk yang sakit. Selain dilakukannya cek kesehatan adapula sosialisasi yang diberikan vitamin untuk para lansia mengenai penyakit degenerative yaitu penyakit diabetes dan cara pencegahannya.

Sisi lain, sosialisasi dan senam lansia dikemas dalam bentuk pemutaran video untuk senam lanisanya dan penayangan power point untuk sosialisasinya. Usai menjalani cek kesehatan, para lansia mendapatkan makanan bergizi yaitu bubur kacang hijau. Dimana kacang hijau banyak mengandung vitamin dan gizi untuk kekuatan serta kesehatan.

Camat Tempel Stiharno menyambut  positif kegaiatan itu. Dirinya berharap kegiatan seperti ini nantinya dapat berkesinambungan. Sehingga manfaatnya, selain dirasakan para kaum lansia, namun juga dapat meningkatkan silaturahmi dengan warga sekitar.

“Warga sangat antusias dengan layanan kesehatan gratis ini, semoga kegiatan ini bermanfaat kedepannya bagi warga lansia untuk lebih mendapatkan perhatian kesehatannya,” tandasnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini pula diharapkan menjadi bagian dari kedekatan sekaligus kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Bantuan kesehatan serta pembagian menu makanan dengan asupan yang banyak mengandung vitamin dan gizi diakuinya sangat membantu masyarakat, utamanya para lansia di wilayahnya.

“Intinya saya memberikan apresiasi positif dan mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0732/Sleman atas diselenggarakannya pengobatan gratis kepada warga lansia ini,” pungkas Camat Tempel. (Fin)

Read previous post:
Siswa Adu Ketangkasan Bermain Egrang

SERU dan semarak. Suasana ini tergambar dalam acara Lomba Budaya Kemataraman tingkat SMP yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Close