Daun Leunca Percepat Sembuhnya Demam

MERAPI-SULISTYANTO  Daun tanaman leunca berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun tanaman leunca berkhasiat.

BAGIAN dari suatu tanaman berkhasiat bisa diolah secara tradisional maupun modern. Ketika bisa rutin dikonsumsi diharapkan dapat membantu mewujudkan sehat dengan cara-cara alami, aman dan tak perlu banyak biaya.

Warga Sedayu Bantul Sawal Widyanto mengungkapkan, tanaman leunca juga mempunyai khasiat kesehatan. Terutama dengan memanfaatkan bagian daun maupun buahnya. Guna membantu mempercepat sembuhnya demam, yakni bisa menggunakan daun leunca 70 gram. Setelah dicuci bersih lalu direbus menggunakan air bersih sebanyak lima gelas sampai mendidih selama sekitar 15 menit.

“Ramuan alami berkhasiat ini diminum dua atau tiga kali sehari secara rutin dan disiplin sampai serangan demam bisa sembuh,” ungkapnya.

MERAPI-SULISTYANTO  Sawal Widyanto.
MERAPI-SULISTYANTO
Sawal Widyanto.

Beberapa kandungan dalam buah leunca dan berguna bagi kesehatan, misalnya vitamin A, C, zat samak, senyawa glikosida alkaloid solanin, zat besi, minyak lemak dan kalsium.

Sedangkan manfaat atau khasiat buah leunca lainnya seperti sebagai anti bakteri serta anti kanker. Dengan manfaat atau khasiat seperti ini sudah selayaknya leunca bisa sering dikonsumsi, seperti untuk lalapan, dicampurkan pada sambal maupun masakan jenis lainnya. Bagian daun tanaman leunca bisa juga memiliki efek menenangkan (sedatif), memperlancar air seni dan mengencerkan dahak (ekspektoran). Bahkan getah dari tanaman leunca dapat membantu mengatasi gangguan penyakit kulit, misalnya kutil.

Adapun beberapa ciri tanaman leunca, misalnya bisa bercabang banyak dengan ketinggian sampai sekitar 175 cm. Letak daunnya berseling, berbentuk bulat telur dengan ujung dan pangkal meruncing. Buah leunca berbentuk bulat, berwarna hijau, jika sudah masak menjadi ungu kehitaman dan berisi banyak biji. Rasanya renyah serta agak langu dan sering dijadikan lalapan terlebih di Jawa Barat/Sunda. Tak jarang juga pemilik kuliner khas masakan Sunda menyediakan leunca sebagai lalapan. (Yan)

Read previous post:
PUTRI MANYANASEKAR DAN BUAYA PUTIH (1) – Mandi di Kali Jadi Mulus dan Cantik

Kisah Putri Mayanasekar tercantum dalam Babad Demak. Ia adalah putri Adipati Dayaningrat, yang harus terlunta-lunta setelah Pengging jatuh. Bagaimana akhirnya

Close