Iris Atasi Gusi Bengkak

IRIS sering disebut juga airis bisa tumbuh subur di berbagai tempat. Selain bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias, diyakini juga memiliki khasiat kesehatan. Jadi bukan hal aneh, jika sering ditemukan juga di kebun herbal ataupun toga.

Terutama jenis iris kuning, antara lain dapat membantu mengatasi keseleo. Pasalnya, cairan yang dihasilkan bunga iris dapat berfungsi untuk merileksasikan otot tegang, misalnya akibat terbentur sesuatu atau masalah lainnya yang menyebabkan keseleo. Maka dengan menumbuk bunga iris kuning lalu mengoleskannya pada bagian tubuh yang keseleo dapat membuat otot rileks kembali dan diharapkan bisa segera sembuh.

Manfaat penting lainnya, bunga iris diyakini bisa membantu melancarkaan pencernaan. Bahkan kandungan sejumlah zat pada bunga ini juga berperan membantu melawan sembelit. Lain halnya jika digigit ular atau serangga, maka hasil gigitan dari hewan tersebut akan menyebabkan masuknya cairan racun yang berbahaya bagi tubuh anda, sehingga menyebabkan tidak normalnya kerja tubuh anda. Akar rimpang dari bunga iris kuning dapat mengeluarkan racun yang disebabkan gigitan ular atau serangga, alhasil membantu mencegah menyebarnya racun ke dalam tubuh. Khasiat lain tanaman jenis iris kuning, yakni membantu meredam gusi bengkak, sebab kandungan pada bunga ini dapat mengurangi keasaman dalam mulut. Termasuk juga bisa menetralisirkan racun yang ada pada gusi, sehingga bunga dapat mempercepat penyembuhan gusi bengkak.

Sedangkan beberapa ciri tanaman ini, misalnya akar rimpang pendek. Tangkai karangan bunga panjang antara 3 sampai 25 cm, seludang bunga berbentuk lanset dengan panjang sekitar 5,5-8 cm, menghasilkan dua bunga bahkan lebih. Daunnya berbentuk lanset memanjang dengan ujung runcing, panjang antara 25-40 cm dan lebar 1,5-3 cm dengan warna hijau hingga kebiruan. Setelah tanaman iris berbunga, biasanya tak lama kemudian ada sebagian tangkai dan daunnya jadi layu. Jadi daun layu segera dihilangkan agar daun lainnya yang masih hijau tak ikut tertular. Sehingga dalam siklus pertumbuhan bunga berikutnya jumlah yang mekar bisa bertambah banyak.(Yan)

Read previous post:
KISAH POLISI OTAK PEMBUNUHAN-Usai Dihukum 20 Tahun, Juga Terancam Dipecat

TEMANGGUNG (MERAPI)- Kepolisian Resort Temanggung masih menunggu putusan hukum tetap (incraah) atas Brigadir Permadi DW, untuk menentukan sikap selanjutnya yakni

Close