Tomat Bantu Hentikan Serangan Jerawat

MERAPI-SULISTYANTO  Tomat sebagai bahan alami berkhasiat memiliki cita rasa khas.
MERAPI-SULISTYANTO
Tomat sebagai bahan alami berkhasiat memiliki cita rasa khas.

PEMANFAATAN bagian buah dari suatu tanaman berkhasiat dapat sebagai usaha membantu melawan maupun menghindari gangguan kesehatan. Tak sedikit bagian buah dari suatu tanaman, bisa dikonsumsi langsung alias tak perlu diolah dahulu, bahkan juga bisa mendukung kesehatan hewan kesayangan atau ternak.

Menurut Kurniasari yang tinggal di kawasan Jalan Magelang Sleman, tomat banyak dimanfaatkan di bidang kuliner, sebagai pakan beberapa jenis satwa serta mempunyai manfaat kesehatan bagi manusia. Satu di antaranya dapat membantu melawan dan menghindari serangan jerawat, caranya cukup dengan merebus tomat. Lalu dipotong-potong dan hasilnya digosokkan pada bagian yang berjerawat. Perlu didiamkan dahulu sekitar sepuluh menit, lalu dibilas dengan air bersih. Dengan dilakukan rutin, diharapkan serangan jerawat tak berlanjut alias berhenti menyerang. Sedangkan kandungan lycopene dalam tomat diyakini sebagai salah satu jenis anti oksidan alami. Bahkan bisa berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker prankeas dan kanker leher rahim.

Ketika bisa rutin mengkonsumsi tomat termasuk sudah dibuat minuman jus, diyakini pula bisa bermanfaat sebagai peningkat imunitas atau kekebalan tubuh. Selain tomat, buah dari tanaman kelapa juga dikenal mempunyai banyak manfaat, termasuk manfaat kesehatan. Apalagi daging buah kelapa juga dapat diproses menjadi minyak, baik minyak goreng kualitas bagus maupun virgin coconut oil (vco).

MERAPI-SULISTYANTO  Kurniasari.
MERAPI-SULISTYANTO
Kurniasari.

“Minyak berbahan kelapa sudah banyak dikenal manfaatnya. Bahkan ada yang cocok untuk membantu mencegah dan melawan gangguan kesehatan secara alami,” jelasnya.

Adapun penggunaan minyak kelapa, misalnya untuk diminum ataupun cukup dioleskan di bagian kulit. Jika untuk pemakaian luar, misalnya membantu melawan jerawat. Pasalnya, kelapa mengandung berbagai asam yang sangat baik bagi kulit yaitu asam laurat dan asam kaprat. Kedua jenis asam ini akan diubah menjadi monolaurin dan monocaprin menggunakan bantuan mikroba. Akibatnya, jerawat akan lebih cepat hilang dan lebih mudah dicegah, membuat orang-orang tidak ingin ketinggalan manfaat minyak kelapa untuk wajah berjerawat.(Yan)

Read previous post:
DI BALIK JALAN TEMBUS PERBATASAN GUNUNGKIDUL-KLATEN (2) – Muncul Rembesan Air yang Memberi Manfaat

TAK mudah pekerjaan untuk membuka jalan tembus yang kondisinya berupa batu pegunungan. Namun hal yang sepertinya mustahil itu akhirnya berhasil

Close