Cempaka Mulya Musuh Perut Kembung

MERAPI-SULISTYANTO  Tanaman cempaka mulya berkhasiat dan mudah diperbanyak.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman cempaka mulya berkhasiat dan mudah diperbanyak.

TANAMAN dengan tampilan bunga-bunga yang khas mampu mendukung keindahan lingkungan. Kian mendapatkan manfaat lagi, bagian dari tanaman tersebut termasuk bunganya dapat dijadikan sebagai obat alami atau herbal.

Satu di antaranya dapat menggunakan bagian bunga tanaman cempaka mulya. Khasiat dari bunga ini, misalnya dapat membantu melawan perut kembung. Cara membuat ramuannya, bisa cukup dengan merebus bunga cempaka ditambah kulit jeruk keprok atau jeruk mandarin kering, kapulaga dan jahe. Bahan-bahan ini direbus dengan air 700 cc, ditunggu hingga air tersisa 300 cc lalu disaring dan diminum saat masih hangat.

Lain halnya jika terkena keluhan kesehatan seperti vertigo, antara lain dapat menyebabkan penderitanya mengalami gangguan keseimbangan, semua seperti berputar dan merasa pusing. Resep alaminya, antara lain bisa menggunakan bunga cempaka. Dengan bahan ini diharapkan, pusing pada kepala secara bertahap hilang dengan cara meminum air rebusan bunga cempaka yang sudah dikeringkan. Sebaiknya juga dilakukan secara teratur sampai rasa sakitnya hilang.

Jika digunakan untuk membantu mengatasi radang saluran pernapasan, yakni bisa memanfaatkan 15 gram daun cempaka, lima gram kulit jeruk mandarin kering. Bahan ini direbus semua bahan dalam air 500 cc, lalu direbus sampai mendidih hingga air tersisa 200 cc. Air rebusan ini sebaiknya diminum saat masih hangat. Beberapa sumber pun dapat dijadikan referensi dalam membuat ramuan berbahan bunga cempaka untuk mencegah maupun melawan gangguan kesehatan dan diharapkan bisa cocok.

Khususnya di Indonesia, tanaman cempaka cukup mudah diperbanyak dan mempunyai beberapa nama daerah yang berbeda, misalnya cempaka putih, kantil (Jawa), jeumpa gadeng (Aceh), cempaka bodas (Sunda), capaka bobulo (Tidore) serta campaka (Madura). Selain itu ada beberapa jenis bunga cempaka yang tumbuh di daratan Indonesia, misalnya cempaka putih (kantil), cempaka merah, cempaka kuning (cempaka wangi), cempaka ungu, cempaka telor atau cempaka gondok dan cempaka mulya.(Yan)

Read previous post:
DI BALIK JALAN TEMBUS PERBATASAN GUNUNGKIDUL-KLATEN (1) – Ada Sebutan Etan Ndalan dan Kulon Ndalan

Kondisi wilayah yang berbentuk perbukitan terjal, membuat akses dari dan menuju Gunungkidul yang berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah, khususnya Klaten,

Close