Bandeng Percepat Sembuhnya Luka

MERAPI-SULISTYANTO  Ikan bandeng mempunyai khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Ikan bandeng mempunyai khasiat kesehatan.

CARA mencegah atau menghindari gangguan kesehatan tak perlu membutuhkan banyak biaya. Termasuk juga untuk membantu melawan beberapa keluhan kesehatan. Satu di antaranya cukup memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan maupun satwa.

Menurut pelaku jual beli ikan di kawasan Pasar Sentral Gamping Sleman, Andre Pradono W, beberapa jenis ikan laut maupun air tawar diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Salah satu ikan laut berkhasiat, yakni bandeng. Ketika diolah menjadi beberapa masakan, bandeng memiliki cita rasa khas.

“Selain mempunyai cita rasa enak, olahan ikan bandeng juga banyak mengandung nilai gizi,” papar Andre.

Kandungan gizi atau nutrisi pada ikan bandeng antara lain protein, kalsium, zat besi, fosfor, omega-3 dan vitamin A. Dengan kandungan ini menjadikan bandeng dapat membantu mendukung kesehatan badan secara umum. Tak ketinggalan, jika rutin dikonsumsi bisa membantu mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

“Olahan bandeng yang sudah biasa ditemukan di masyarakat, seperti dipresto, digoreng sampai dibuat menjadi otak-otak,” papar Andre.

Kandungan zat besi dalam jenis ikan ini antara lain bermanfaat dalam mencegah serangan anemia atau kurang darah, mengontrol produksi darah serta membantu mempercepat penyembuhan luka. Sedangkan kandungan proteinnya bagi tubuh, misalnya membantu pembentukan otot serta memperkuat daya tahan tubuh. Bahkan dapat membantu proses mengikat lemak serta menambah masa otot.

MERAPI-SULISTYANTO
Andre Pradono W.

Tak kalah penting, dengan adanya kandungan kalsium pada bandeng antara lain membantu memperkuat tulang, menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis atau tulang keropos. Selain itu ada kandungan fosfor dengan manfaat hampir sama dengan kalsium.

“Ketika cukup digoreng lalu dijadikan lauk dengan tambahan sayur lalapan, semakin bagus juga untuk kesehatan,” imbuhnya.(Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
GrabFood Hadirkan Puluhan Varian ChaChaMilkTea

SLEMAN (HARIAN MERAPI) - Kehadiran Ojek Online dengan beberapa fiturnya diakui mendongkrak bisnis penjualan di beberapa Merchant, salah satunya ChaChaMilkTea.

Close